UINSU

MEDAN (UIN Sumut)

Rektor UIN SU Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA didampingi Dekan FEBI Dr. Muhammad Yafiz, MA bersama sama menekan tombol merah tanda launching FEBI Career Center pertama se – UIN SU di Hotel Karibia, Kamis 29/04/2021.

Rektor UIN SU Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA mengucapkan  Selamat dan Sukses atas  Lauching FEBI Career Center, FEBI menjadi fakultas yang menginisiasi dan mempelopori adanya FEBI Career Center (FCC)  pertama se-UIN SU yang merupakan salah satu strategi dari Wahdatul Ulum.

Prof. Dr. Syahrin Harahap menyampaikan kisah tepatnya pada perkuliahan Prof. Dr. Sutan Takdir Alisjahbana menyampaikan bahwa Dunia saat ini bukan dikendalikan oleh muslim , dan menanyakan  kenapa ummat islam saat ini miskin, padahal Nabi Muhammad SAW seorang pedagang yang handal. Dalam waktu yang lama bisnis ini dianggap uncountable artinya wilayah yang tak terpikirkan, dimana kebanyakan para pemuka agama menyampaikan untuk urusan bisnis itu bukan urusan kita itu, dan ini sudah berlangsung lama sampai saat ini, sedangkan dialam Kitab Al Qur’an  terdapat banyak isyarat dan perintah dalam berbisnis , hal ini sesuai dengan terdapat didalam Al Qur’an Surat At Taubah Ayat 111 “Sesungguhnya Allah membeli dari orangorang mukmin, baik diri mau-pun harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka”. dan juga terdapat pada surat As Shaff ayat 10 – 11 : “Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?, (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui, kata tijarah menunjukkan bisnis sehingga ini menandakan kitab Al Qur’an menyerukan kita agar berbisnis dan ini merupakan salah satu strategi dari Wahdatul Ulum dan FEBI sudah berbicara hari ini dengan launchingnya FEBI Career Center dengan integration of knowledge, oleh karenanya ustadz berbicara bisnis merupakan hal yang utama .

Prof. Syahrin Harahap menambahkan bahwa pesan didalam Al Qur’an itu terdapat ada 4 yaitu Tauhid, Hukum, Bisnis, Cinta, semuanya tersebut diracik dengan Cinta.  Rasa cinta itu berada saat ini adalah tampak dari para yang hadir saat ini senyum semua. Berdasarkan WHO orang yang sehat itu adalah senyum.

 Prof. Syahrin Harahap menambahkan bahwa salah satu dikotomi aktualitas , aktualitas adalah ilmu tak teraktualkan, udah tamat tapi masih bingung apa yang mau dikerjakan. FEBI Career Center jangan lagi berbicara epistomologi tetapi harus aksiologi, inilah menjadi solusi dari dikotomi aktualitas. Karir itu ada dua diantaranya karir keilmuan dan karir aktualitas, dan dapat dikatakan menjadi karir pembentukan roadmap sejarah berdasarkan kehidupan atmosfer. Ada satu bidang yang mencoba masuk ke atmosfer tersebut. Selain penguasaan ilmu,maka karir itu bagaimana membuat  ilmunya mengontrol , menghiasi dan memberi warna bagi perkembangan peradaban melalui atmosfer tersebut, kita tunggu FEBI menguasai atmosfer UIN SU, dengan adanya FEBI Career Center (FCC) , dipopulerkan dari berbangsa , masyarakat dan di UIN SU. Dunia Saat ini kita kehilangan 4000 jenis pekerjaan, tetapi sedang  muncul pekerjaan lapangan baru sebanyak 25000, pekerjaan 25000 ini jauh berbeda dengan sebelumnya yaitu lebih halus sifatnya lebih besar untungnya seperti programer , dll. Rektor berharap mahasiswa FEBI harus kaya dengan berbisnis, oleh karena itu secara eksplisit seorang penasehat akademik itu bisa ditambahkan dengan bisnis sehingga menjadi penasehat akademik dan bisnis, dan bisa dijadikan syarat dalam ujian komprehensif setiap mahasiswa harus punya bisnis, ujar Prof. Syahrin Harahap.

Dekan FEBI /Pembina Career Center Dr. Muhammad Yafiz, MA menyampaikan bahwa FEBI Career Center ini bervisi sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia yang unggul bagi mahasiswa dan alumni FEBI UINSU Medan dibidang ekonomi dan bisnis islam, serta membantu percepatan dan pemaksimalan proses penyaluran sumber daya manusia yang berkompeten terhadap dunia kerja dan menjadi entrepreneurship.

Koordinator FEBI Career Center / Kepala Laboratorium Dr. Kamilah, M.Si menyampaikan FEBI Career Center membantu pengayaan materi sosialisasi , pelatihan dan diskusi kepada stakeholder. Tentunya banyak target yang harus dicapai dalam FEBI Career Center , dimulai dari Tracer Study, persiapan karir, bursa kerja, hingga expo Hadir juga pada saat kegiatan Wakil Dekan I Dr. Marliyah Suryadi, MA, Wakil Dekan II Dr. Fauzi Arif, MA, Wakil Dekan III Dr. Mustapa Khamal Rokan, MH , Ketua FEBI Career Center Budi Darma, MM, dan  para ketua dan sekretaris prodi serta Dosen FEBI. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content