UINSU

Medan (UINSU)
Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kanwil Kemenag Sumut) menggandeng Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FDK UIN Sumut) untuk program sertifikasi pembimbing manasik haji. Kegiatan bertujuan untuk menghasilkan petugas atau pembimbing manasik haji yang berkualitas dengan kompetensi sertifikasi.

Dekan FDK UIN Sumut Prof Dr Lahmuddin Lubis, MEd menyampaikan, program sertifikasi tersebut digelar selama 10 hari sejak 1 Mei hingga 10 Mei 2021 di Prime Hotel Kualanamu Kabupaten Deliserdang. Prof Lahmuddin saat pembukaan program, Sabtu (1/5) sore menyampaikan, selamat datang dan mengikuti program sertifikasi pembimbing manasik haji dan umrah yang diselenggarakan Kanwil Kemenag Sumut tersebut, ia juga mengapresiasi peserta yang mengikuti program di bulan Ramadan ini, diharapkan mendapat pahala berlipat-lipat ganda karena belajar khususnya di bulan Ramadan.

Dalam kerja sama program sertifikasi pembimbing ibadah haji dan umrah tersebut, diikuti 50 peserta dengan rincian, lima orang berasal dari kalangan dosen UIN Sumut, enam orang dari Kanwil Kemenag Sumut dan 39 orang berasal dari Kantor Kemenag tingkat II atau dari kabupaten/kota. Peserta mengikuti program selama 10 hari di hotel tersebut.

Program sertifikasi tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Kanwil Kemenag Sumut Drs H Syahrul Wirda, MM. Dalam arahan dan bimbingannya, diharapkan program sertifikasi menghasilkan para petugas pembimbing manasik haji dan umrah yang sesuai dengan kriteria kementerian serta memiliki kompetensi standar sehingga mampu menjalankan program manasik haji baik di tingkat provinsi dan di tingkat kabupaten kota dengan baik dan berkualitas.

Dengan kerja sama yang melibatkan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumut, menjadikan program sertifikasi lebih fokus dan terarah dengan peran serta unsur akademisi yang cakap di bidang keagamaan khususnya ibadah haji dan umrah. Bertindak sebagai ketua panitia program yakni Drs H Fahran, MA dari Kanwil Kemenag Sumut dan sekretaris Dr Hasnun Jauhari, MA dari FDK UIN Sumut.

Pembukaan program tersebut turut dihadiri Wakil Dekan I FDK Dr Rubino, MA dan Wakil Dekan II FDK Dr Syawaluddin Nasution, MAg serta Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sumut Drs H Muslim Lubis, MM bersama segenap sivitas kampus dan jajaran pejabat Kanwil Kemenag Sumut. Acara pembukaan program berjalan lancar dan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content