UINSU

Medan, (UINSU)
Perkembangan dan kemajuan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) sebagai lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam negeri selama ini tidak terlepas dari peran pers dalam menjalankan fungsi edukasi dan memberikan informasi serta mengkomunikasikan dengan baik hal-hal yang perlu diketahui publik. Pers menjadi instrumen penting dalam rangka menyukseskan dan mencapai tujuan.

Demikian disampaikan Rektor UIN Sumut Prof Dr Syahrin Harahap, MA melalui Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Nispul Khoiri, MA saat gelaran silaturahmi dan temu insan media mitra UIN Sumut di Ruang Sidang Gedung Biro Rektor UIN Sumut Jalan Willem Iskander Medan, Senin (10/5). “Media jadi kekuatan dimana pun berada, komunikasi media jadi instrumen penting untuk meraih kesuksesan dan mencapai tujuan, termasuk bagi UIN Sumut yang tidak akan maju dan berkembang tanpa ada peran pers yang menyampaikan informasi yang diperlukan publik,” ujarnya.

Dalam kepemimpinan baru yang memasuki bulan kelima, mengusung kemajuan kampus harus dengan dukungan semua elemen termasuk pers. “Sesuai dengan slogan UIN Sumut, UIN kita, kampus Islam ini bukan hanya milik insan akademis namun juga milik bersama yang harus didukung untuk maju dengan pikiran-pikiran strategis,” katanya.

Kajian strategis yang dikembangkan, jelasnya, yakni kajian moderasi beragama yang ditumbuhkembangkan di UIN Sumut sebagai pusatnya, mengembangkan konsep Kampus Merdeka sesuai arahan pemerintah dengan mengedepankan kemoderatan dan menjadi pijhakan sehingga UIN Sumut diterima masyarakat dan semua kalangan. Selain itu, mengembangkan konsep wahdatul ‘ulum, yakni kesatuan ilmu dari ilmu agama dan ilmu umum dengan islamic science dan islamic studies, gagasan tersebut menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan kampus.

Terkait itu, maka dinilai perlu kebersamaan dan kemitraan dengan unsur media atau pers, sehingga upaya kemajuan lebih terarah. Selain dengan keunggulan tersebut, juga mengembangkan potensi mahasiswa tidak hanya dari sisi akademik namun seperti seni membaca Alquran, hapalan dan teknik membaca kita, olahraga dan lain sebagainya. Walau pun di masa pandemi ini, UIN Sumut tetap berbenah dan melaksanakan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kenormalan baru.

Dalam silaturahmi tersebut, turut dihadiri Kasubag Humas dan Informasi UIN Sumut Yunni Salma, MM dan Kabag Kerjasama. Turut hadir puluhan insan media mitra UIN Sumut, dari media cetak, elektronik dan online. Dr Nispul mengharapkan hubungan baik dan kemitraan dengan media agar terus dijaga dan ditingkatkan sebagai upaya mengembangkan pendidikan tinggi khususnya di UIN Sumut. Menyambut Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah, juga diberikan tali asih kepada para insan media mitra. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content