UINSU

Medan, (UIN Sumut)
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) bekerja sama dengan dua universitas negeri di Medan yakni Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) menggelar sosialisasi informasi dan tata cara penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur seleksi mandiri dari tiga kampus tersebut secara virtual malalui Zoom Meeting, Rabu (23/6).

Kegiatan sebagai bentuk kolaborasi perguruan tinggi tersebut dikemas dalam ‘Dialog Interaktif Seleksi Mandiri 2021 di USU, Unimed dan UIN Sumut’. Forum daring tersebut dimaksudkan sebagai sarana tukar informasi khususnya terkait tata cara, mekanisme serta jadwal-jadwal penting tentang seleksi mandiri di tiga kampus negeri tersebut. Sosialisasi itu digelar selama dua hari yakni pada 23-24 Juni 2021. Narasumber acara yakni Kepala Humas UIN Sumut Yunni Salma, MM, Kepala Humas Unimed Dr Muhammad Surip, MSi, CIO dan Kepala Humas USU Amalia Putri, MPsi, Psikolog.

Yunni Salma dalam paparan menyampaikan, pendaftaran seleksi mandiri UIN Sumut dibuka pada 14 Juni hingga 6 Juli mendatang. Pengumuman hasil seleksi mandiri pada 18 Juli 2021. Pendaftaran dilakukan dengan mengunjungi laman http://pmb.uinsu.ac.id dengan biaya pendaftaran sebesar Rp250 ribu melalui Bank BSI atau Bank Sumut dengan kode bayar 0108. Sehubungan pandemi, mekanisme penerimaan tersebut digelar daring termasuk pendaftaran dan pelaksanaan ujiannya.

Ujian daring ini, Yunni menyarankan calon peserta memastikan koneksi internet berjalan baik sehingga tidak ada masalah jaringan saat ujian yang bisa menyulitkan peserta. Ujian hanya dapat dilakukan satu kali kesempatan saja, tidak dapat diulang setelah submit. Durasi ujian dibatasi hingga 90 menit, satu kali sesi dengan empat kategori soal yakni IPA, pengetahuan umum, bahasa Arab, bahasa Inggris dengan jumlah 20 soal per kategori bidang ujian. urainya.

Dr Surip menyampaikan, untuk Unimed, seleksi mandiri dibuka 7 Juni hingga 6 Juli 2021. Pelaksanaan UTBK digelar 8-12 Juli yang akan digelar di kampus Unimed Jalan Willem Iskander Medan dan di sejumlah sekolah mitra, pengumuman jalur ini pada 17 Juli 2021. Pendaftaran di laman http://sm.unimed.ac.id dan untuk panduan pendaftaran dilihat di laman http://unimed.ac.id. Biaya pendaftaran untuk saintek dan soshum Rp250 ribu dan campuran Rp350 ribu melalui Bank BNI. Menariknya, selain jalur reguler pada seleksi mandiri ini, juga dibuka jalur KIP Kuliah dan jalur prestasi

Kepala Kumas USU Amalia Putri mengatakan pendaftaran mandiri USU dibuka mulai 7 – 30 Juni 2021, pelaksanaan UTBK 4-9 Juli 2021 yang disebar di 14 fakultas dan pengumuman hasil untuk SMM pada 17 Juli 2021 untuk S1 dan SPMPD D3 pada 22 Juli 2021. Untuk biaya pendaftaran S1 IPA/IPS sebesar Rp650 ribu S1 IPC Rp750 ribu dan biaya pendaftaran D3 IPA/IPS sebesar Rp500 ribu dan IPC sebesar Rp600 ribu.

Peserta bisa memilik enam prodi sekaligus saat pendaftaran. “Kami saat terbuka bagi adik-adik yang ingin berkesempatan kuliah di USU. Untuk pendaftarannya dapat melalui laman http://seleksi.usu.ac.id,” ujar Amalia.

Bagi para siswa atau calon peserta seleksi mandiri di tiga kampus ini diharapkan update terhadap informasi dan perkembangan di masing-masing kampus tersebut. Salah satunya dengan mengunjungi laman tersebut secara online atau mengunjungi alamat sekretariat panitia. Semoga jalur mandiri ini menjadi solusi bagi peserta untuk bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi pilihannya. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content