UINSU

Medan, (UIN Sumut)
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) Prof Dr Syahrin Harahap, MA menyampaikan kepada ribuan mahasiswa baru, agar membangun pandangan dan pemikiran serta sikap hidup untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, penegakan moral akademik, menciptakan atmosfir kampus dan dapat menyelesaikan studi dengan baik dan tepat waktu.

Demikian disampaikannya dalam arahan dan bimbingan pada acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Sumut 2021 yang diikuti 5.575 mahasiswa baru di kampus Islam negeri terbesar di Sumut tersebut secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting dan kanal Youtube dari aula utama kampus II Jalan Willem Iskander Medan, Kamis (2/9).

Selain rektor, pengenalan budaya akademik tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumber di antaranya Wakil Ketua Komisi VIII DPR-RI Drs Marwan Dasopang, MSi, Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag Prof Dr Muhammad Ali Ramdani, Pabandya Komsos Sterdam I/BB Mayor Inf Eko Yudho Prayitno, SIP, Direktur Diktis Kemenag Prof Dr Suyitno, Kasubdit Sarpras dan Kemahasiswaan Kemenag Ruchman Basori, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Keuangan Dr Hasnah Nasution, MA dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Nispul Khoiri, MA.

Menurut Prof Syahrin, sesuai dengan tema ‘PBAK UIN Sumut menjadi gerbang generasi yang agamis, intelektual, integritas, kritis konstruktif, solutif menuju Indonesia emas’ mengartikan bahwa nilai-nilai pengembangan ilmu pengetahuan yang saat ini dilakukan dengan perkuliahan baik secara daring dan luring, pembentukan moral akademik dan lainnya untuk mewujudkan atmosfir kampus yang integratif. Hal-hal tersebut perlu diinternalisasikan bagi mahasiswa baru UIN Sumut.

Ia mengharapkan, mahasiswa baru yang belajar di UIN Sumut mampu meningkatkan intelektualitas dan spiritualitas sehingga menjadi generasi muda yang ulul albab dan kader bangsa. Rektor juga mengenalkan tentang identitas kampus yang mengusung nilai-nilai moderasi beragama dengan pendekatan wahdatul ‘ulum. Menjadikan UIN Sumut sebagai kampus modern dengan mengedepankan pendekatan pelayanan dan keramahan Islam.

Dr Hasnah Nasution dalam paparannya menyampaikan, perkembangan kampus dari aspek sarana prasarana dan fasilitas yang kini kian berkembang. Termasuk pembangunan kampus IV Tuntungan yang jadi kebanggaan dengan berbagai fasilitas modern. Bangunan kampus bantuan Islamic Development Bank (IsDB) kini mempunyai laboratorium terintegritas yang menyajikan puluhan laboratorium sesuai dengan bidang keilmuan seperti fisika kuantum, biologi, hingga kesehatan lingkungan.

Sementara Dr Nispul Khoiri memaparkan dan mengenalkan soal kemahasiswaan yang ada di UIN Sumut. Di bawah komandonya, WR III ini membawahi sekitar 10 unit kegiatan khusus dan unit kegiatan mahasiswa (UKK UKM) yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan minat dan bakat. Di antaranya LDK Al-Izzah, Menwa, Pramuka, Mapasta, Paskibra, LPM Dinamika, KSR PMI dan lainnya.

Ia menjelaskan berbagai kegiatan internal dan eksternal yang bertujuan untuk pengembangan minat dan bakat serta pengembangan diri dan karakter mahasiswa yang baik dan sesuai visi misi kampus. Selain itu berbagai program apresiasi dan prestasi mahasiswa juga disajikan misalnya dengan banyak program beasiswa. “Kita ingin membangun mahasiswa yang dengan disiplin, loyalitas dan punya etika akademik. Berjalan dengan benar untuk mengantarkan mahasiswa menuju kesuksesan. Dengan ciri mahasiswa universitas Islam yang unggul dalam etika dan akhlak,” ujarnya.

Orientasi dilanjutkan dengan pengenalan masing-masing UKK UKM dengan video pengenalan singkat. Akhirnya, PBAK pada hari pertama untuk tingkat universitas diserahkan WR III untuk tiap-tiap fakultas yang ditandai dengan penyerahan bendera pataka kepada wakil dekan III sekawasan UIN Sumut. Hadir dalam acara, pada dekan, wakil dekan, kepala-kepala lembaga dan unit, para pimpinan UKK UKM dan segenap civitas kampus.(humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content