UINSU

Medan, (UIN Sumut)
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) Prof Dr Syahrin Harahap, MA memimpin acara peluncuran logo Dies Natalis ke-48 UIN Sumut di Gedung Biro Rektor kampus II Jalan Willem Iskander Medan, Selasa (19/10). Melalui momentum HUT ke-48 kampus Islam negeri terbesar di Sumut itu dimaksudkan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas akademik, pelayanan dan manajemen yang dikemas dalam berbagai rangkaian kegiatan.

Hadir dalam peluncuran logo tersebut, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Perencanaan Keuangan Dr Hasnah Nasution, MA, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr Nispul Khoiri, MA, pada dekan sekawasan UIN Sumut dan para pimpinan-pimpinan lembaga lainnya yang berkedudukan di kampus tersebut.

Prof Syahrin menyampaikan, dalam sebulan tepatnya pada 19 Oktober hingga 19 November 2021 sebagai momentum menyambut hari jadi UIN Sumut dan menjadikan hampir seluruh kegiatan kampus digelar dalam rangka memperingati dan merayakan Dies Natalis ke-48 UIN Sumut yang jatuh pada 19 November. Rektor menjelaskan, dalam dies tahun ini agar perayaan yang berbeda digelar dari tahun-tahun sebelumnya.

Sedikitnya, jelas Prof Syahrin, ada lima bidang atau seksi-seksi yang akan bertugas dalam momen perayaan dies tahun ini, yakni bidang yang mengerjakan program Wahdatul ‘Ulum Award, yakni program yang akan mengakomodir dan menginventarisir temuan-temuan bernas oleh para dosen dan mahasiswa UIN Sumut yang berkaitan dengan penerapan konsep serta gagasan integrasi keilmuan atau integration of knowledge. Program baru ini dimaksudkan sebagai wadah penghargaan dan apresiasi temuan di bidang akademik, konsep atau gagasan teori, produk yang bermanfaat bagi masyarakat dan lain sebagainya.

Berikutnya yakni bagian yang bertugas untuk program kreativitas mahasiswa, ketiga yakni bagian yang akan mengatur dan menggelar pameran lapangan kerja atau job fair. Dimaksudkan program ini menjadi pasar lapangan kerja bagi mahasiswa dan alumni selama satu bulan ke depan.

Seksi berikutnya, jelas Prof Syahrin adalah pelaksaan dies natalis dan bidang yang bertugas untuk menggelar kompetisi manajemen unit di lingkungan kampus yang bertujuan untuk peningkatan layanan dan sumber daya manusia di UIN Sumut. “Kita akan beri penghargaan kepada unit-unit dan lembaga di lingkungan UIN Sumut, sehingga mendorong unit dan satuan untuk membenahi manajemen yang mereka tangani,” ujarnya.

Dengan peluncuran logo tersebut, sambungnya, sebagai momentum HUT kampus agar logo-logo tersebut digunakan pada atribut-atribut serta media komunikasi dan sosialisasi terkait kegiatan dan program selama sebulan. Ia mengarahkan kepada fakultas-fakultas yang menggelar berbagai program akademik seperti seminar, diskusi ilmiah, kunjungan resmi dan giat akademik lainnya agar dilaporkan kepada rektor melalui Humas dan Informasi UIN Sumut.

Senada Wakil Rektor II Dr Hasnah Nasution, MA menyampaikan, di usiake-48, UIN Sumut bertekad menjadi lembaga pendidikan tinggi yang semakin baik dalam perbaikan dan pembenahan pelayanan akademik dan kualitas pendidikan dan lulusan. Sejalan dengan slogan “UIN Sumut UIN kita” yang dicanangkan rektor di masa kepemimpinannya.

Hal itu, jelasnya, termasuk dengan berbagai program penghargaan yang diberikan terhadap pegawai, dosen dan mahasiswa yang mempunyai kinerja baik dan menghasilkan karya atau temuan terkait integrasi keilmuan. Sekaligus untuk motivasi agar kinerja dalam tugas semakin meningkat. Unit atau lembaga yang menjalankan manajemen paling bagus, jelas Dr Hasnah, akan diberikan penghargaan, hal itu sejalan dengan program pemerintah khususnya di lingkungan Kementerian Agama untuk menjadikan kampus masuk dalam zona integritas (ZI). Upaya itu pula termasuk dalam pencegahan korupsi di kampus. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content