A. JADWAL PENERIMAAN MAHASISWA BARU
- Pendaftaran dan Pembayaran : 31 Mei s.d. 28 Juli 2022
- Finalisasi Pendaftaran : 31 Mei s.d. 29 Juli 2022
- Simulasi Ujian Tulis Daring: 09 Agustus 2022
- Pelaksanaan Ujian Tulis (Daring) : 10 Agustus 2022
- Pelaksanaan Ujian Wawancara (Luring) : 11 Agustus 2022
- Pengumuman Kelulusan : 19 Agustus 2022
B. PERSYARATAN AKADEMIK
1. Calon Mahasiswa Program Magister (S2)
a. Lulusan program Sarjana (S1) dari perguruan tinggi yang diakui pemerintah dengan program studi yang telah terakreditasi dalam disiplin ilmu yang sebidang atau tidak sebidang dengan program studi yang di pilih.
b. Memiliki IPK lebih besar dari 2.75.
c. Surat Rekomendasi S2 dari 1 orang Profesor/Guru Besar dan 1 orang Asscoc. Prof./Lektor Kepala, (template Surat Rekomendasi dapat diunduh pada tautan https://bit.ly/SrtRekomS2S3).
d. Proposal rencana tesis/wawancara akademik
2. Calon Mahasiswa Program Doktor (S3)
a. Lulusan program Magister (S2) dari perguruan tinggi yang diakui pemerintah dengan program studi yang telah terakreditasi dalam disiplin ilmu yang sebidang atau tidak sebidang dengan program studi yang di pilih.
b. Memiliki IPK lebih besar dari 3.00.
c. Surat Rekomendasi S3 dari 2 orang Profesor/Guru Besar, (template Surat Rekomendasi dapat diunduh pada tautan https://bit.ly/SrtRekomS2S3).
d. Proposal Disertasi dibawa saat ujian Wawancara.
C. JADWAL DAN MATERI UJIAN
D. BIAYA PENDAFTARAN DAN TATA CARA PEMBAYARAN
Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui Bank SUMUT Syariah/Konvensional sesuai dengan Program dan Kode Pembayaran berikut:
I. Tatacara Pembayaran Biaya Pendaftaran
a. MELALUI TELLER BANK SUMUT SYARIAH
Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller kantor Bank Sumut Syariah/Konvensional Seluruh Indonesia dengan cara sebagai berikut:
1. Calon mahasiswa datang ke kantor operasional Bank Sumut Syariah/Konvensional terdekat.
2. Calon mahasiswa menemui Teller & menyampaikan maksud untuk melakukan biaya ujian masuk.
3. Calon mahasiswamenyebutkan Nomor Kode Bayar kepada Teller.
4. Teller akan menginput dan memastikan data calon mahasiswa pada sistem Bank (seperti menyebutkan Nama Calon Mahasiswa dan Nominal rincian tagihan yang harus dibayar).
5. Lalu calon mahasiswa membayarkan secara tunai kepada Teller sejumah dengan nominal rincian tagihan yang telah disebutkan Teller.
6. Selanjutnya Teller akan memberikan bukti kuitansi pembayaran biaya pendaftaran PMB Program Magister (S2) Dan Doktor (S3) yang didalamnya terdapat ‘username‘ dan ‘password‘ yang akan digunakan untuk login di Portal Pendaftaran pada laman https://pmb.uinsu.ac.id/ Contoh slip pembayaran sebagai berikut:
b. MELALUI ATM BANK SUMUT SYARIAH
1. Calon mahasiswa datang ke ATM Bank Sumut terdekat.
2. Setelah berhasil memasukkan 6 digit nomor PIN ATM. Pada menu utama pilih menu BAYAR/BELI.
3. Pilih Menu selanjutnya, lalu pilih menu Pendidikan.
4. Pilih Menu Biaya Ujian Masuk.
– Masukkan Kode Instansi Kampus (UINSU Medan)
– Masukkan Nomor Kode Pembayaran.
5. Lalu muncul tampilan konfirmasi pembayaran yang berisi rincian data & tagihan.
6. Jika Data sesuai, maka pilih “YA”
7. Pembayaran berhasil dilakukan, harap disimpan Struk/Resi sebagai bukti pembayaran anda.
c. MELALUI MOBILE BANKING
1. Masuk ke Aplikasi SUMUT MOBILE pada ponsel anda, pada tampilan utama, pilih menu pembayaran
2. Pada menu pembayaran, pilih pendidikan
3. Masukkan Data Jenis Pembayaran Biaya Ujian Masuk mengisi instansi, NIM/NIS/Kode Bayar & Kode Jurusan (Untuk Kode Jurusan dapat di akses melalui tombol Daftar Jurusan, lalu pilih kode yang sesuai dengan jurusan anda)
4. Setelah itu akan keluar tampilan notifikasi rincian data Siswa & Jumlah tagihan, serta 3 Huruf Kode Verifikasi. Selanjutnya ketik 3 Huruf Kode Verifikasi tersebut pada kotak pertama dan 6 Digit No. PIN anda pada kotak kedua.
5. Jika Data sesuai, maka pilih Kirim. PembayaranBerhasil dilakukan dengan Tampilan Transaksi Sukses.
2. TATA CARA PENDAFTARAN
Langkah-langkah pada proses pendaftaran adalah sebagai berikut:
a. Peserta mengakses laman pendaftaran PMB Program Magister (S2) dan Doktor (S3) di https://pmb.uinsu.ac.id/
b. Pada kolom ‘Username’ dan ‘Password’, isikan ‘username’ dan ‘password’ yang terdapat pada Bukti Slip Pembayaran Bank.
c. Mengisi Borang Pendaftaran yang telah disiapkan.
d. Mencetak Kartu Peserta pendaftaran PMB Program Magister (S2) atau Doktor (S3).
e. Mengupload Surat Rekomendasi S2 atau S3 dengan format file PDF pada link: https://bit.ly/Upload_RekomendasiS2S3_2022.
Demikian disampaikan, apabila terdapat hal-hal yang perlu diperjelas silahkan bergabung pada Group Telegram Pendaftaran PMB Program Magister (S2) Dan Doktor (S3) UINSU di https://bit.ly/UM-S2-S3-UINSU2022.
Donwload lampiran disini :