UINSU

Medan (UIN SU)

Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU), Prof. Dr. Nurhayati, M.Ag, menyambut rombongan yang dipimpin oleh Konsulat Jenderal Malaysia (KJM), Tuan Shahril Nizam Abdul Malek, di Kampus II UIN SU, Jalan Willem Iskander, Medan.

Turut serta dalam kunjungan tersebut adalah Pegawai Perhubungan Tentera Laut DiRaja Malaysia (TLDM), Letnan Komander Shahrizan Bin Sahari, serta tim protokol KJM, M Rizki Arhan. Dalam sambutannya, Prof. Nurhayati memberikan perkenalan singkat tentang UIN SU serta berdiskusi mengenai berbagai topik penting terkait pendidikan.

Pertemuan tersebut membahas situasi dan kondisi di Medan, khususnya terkait banyaknya pelajar Malaysia yang menuntut ilmu di kota ini. Prof. Nurhayati mencatat bahwa pelajar Malaysia di Medan banyak yang mengambil jurusan keilmuan agama dan medis, baik dengan dana mandiri maupun beasiswa.

Para pelajar Malaysia di Indonesia tidak hanya didukung oleh beasiswa dari pemerintah kerajaan, tetapi juga dari dana zakat dan berbagai sumber lain. Kementerian Pengajian Tinggi Malaysia juga membuka program beasiswa yang bisa diakses secara online, mencakup jenjang sarjana dan master.

Selain itu, KJM menyatakan kesiapan mereka untuk menjalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan UIN SU guna mempererat kerjasama bilateral. Prof. Nurhayati menanggapi positif tawaran ini dan melihat peluang besar untuk mengadopsi sistem pelayanan kesehatan Malaysia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UIN SU.

Dalam waktu dekat, beberapa mahasiswa UIN SU akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Malaysia. Adanya MoU diharapkan akan memudahkan urusan dan kebutuhan para mahasiswa selama berada di Malaysia, sekaligus memperkuat hubungan akademik antara kedua negara.

Kerjasama ini juga diharapkan dapat membantu mencegah masalah kriminal seperti perdagangan manusia dan meminimalisir pengaruh pendidikan yang salah dan radikal. Prof. Nurhayati berharap agar MoU tersebut dapat membawa manfaat signifikan bagi kedua belah pihak.

Selain membahas kerjasama akademik, Prof. Nurhayati juga berkonsultasi dengan KJM mengenai langkah-langkah untuk mempromosikan UIN SU kepada warga Malaysia. Tujuannya agar semakin banyak pelajar Malaysia tertarik untuk melanjutkan studi di UIN SU.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh beberapa pimpinan UIN SU, termasuk Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Azhari Akmal Tarigan, M.Ag., Wakil Rektor II Dr. Abrar Daud Faza, M.Ag., Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Prof Dr Muzakkir, M.Ag., Kepala Pusat Layanan Luar Negeri UIN SU Prof. Dr. Ansari Yamamah, M.A, dan Ketua Tim Hubungan Masyarakat dan Kerjasama UIN SU, Subhan Dawawi, S.Pd.I, M.M.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan kerjasama antara UIN SU dan berbagai lembaga pendidikan di Malaysia dapat terus berkembang, memberikan manfaat bagi mahasiswa dari kedua negara serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan yang lebih baik di masa depan. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content