UINSU

Penerapan Teknologi Informasi Dukung Upaya Peraihan AIPT Unggul

Medan (UINSU)
Sajian web atau situs internet di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) akan dikemas dalam bahasa Indonesia yang baik, bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai salah satu layanan digital yang global dan termasuk dalam indikator penilaian akreditasi institusi untuk meraih predikat unggul.

Demikian disampaikan Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati, MAg melalui Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Prof Dr Muzakkir, MAg pada pembukaan kegiatan sosialisasi penerjemahan bahasa asing web UINSU Medan di Gedung Madinah Al Munawaroh Asrama Haji Medan, Jalan AH Nasution, Medan, Rabu (19/6).

Prof Muzakkir menerangkan kepada para peserta yang merupakan operator pengelola web di tingkat fakultas, pascasarjana, unit dan lembaga, bahwa program ini adalah bagian penting sebagai andil untuk meraih akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) unggul yang saat ini prosesnya tengah dijalankan dengan pengunggahan borang akreditasi. Verifikasi, visitasi dan validasi akan dilaksanakan pada Juli mendatang. “Hari ini, akreditasi institusi merupakan keniscayaan, dengan uji coba dan program sosialisasi ini, semoga kita berhasil meraih unggul,” imbuhnya.

Prof Muzakkir menyampaikan, peraihan unggul menjadi target besar tahun ini, terlebih menyambut satu tahun kepemimpinan rektor. UINSU yang berdiri 50 tahun, harus termotivasi meraih unggul menyusul kampus Islam negeri lain yang sudah meraih unggul di antaranya UIN Ar Raniry Banda Aceh bahkan UIN Ambon sudah meraih unggul. Maka program Pusbinsa bekerja sama dengan Balai Bahasa Sumatera Utara ini bisa mendongkrak sajian web kampus, meliputi perwajahan kampus dan citra, penggunaan bahasa yang baik, sajian informasi, tersedia data yang akurat, konten menarik dengan tiga bahasa yakni Indonesia, Arab dan Inggris.

“Pimpinan menyambut baik kegiatan ini dan berharap, usai sosialisasi ini, web di UINSU dan jajaran bisa termutakhirkan dan bisa diakses masyarakat global tanpa ada kesulitan dalam bahasa. Web atau situs resmi kampus ini penting karena juga sebagai perwajahan kampus yang mengemas seluruh kegiatan-kegiatan di dalamnya, mulai dari tingkat prodi, fakultas hingga tingkat pimpinan,” tukasnya.

Prof Muzakkir menerangkan, saat ini penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi vital dalam pengelolaan perguruan tinggi. Untuk itu perlu dibenahi dan dibuat lebih baik serta optimal agar semakin relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Begitupun, ia mengingatkan penggunaan media informasi juga harus hati-hati karena teknologi informasi ibarat pedang bermata dua.

Dijelaskannya, penggunaan TI juga masuk dalam sembilan penilaian atau indikator peraihan akreditasi unggul. Maka untuk itu, tidak bisa hanya bergantung pada kinerja pimpinan saja, namun semua lini termasuk operator web harus bisa ambil andil, khususnya pada upaya peraihan unggul. Sebagai wakil rektor membidangi kerja sama, Prof Muzakkir menjelaskan, sejak menjabat ada 35 kerja sama atau MoU yang dijalin baik dalam dan luar negeri dengan negara tetangga dan negara Timur Tengah. Namun salah satu yang jadi kendala ialah belum tersedia data dan instrumen teknologi informasi yang memadai.

Untuk itu, dengan pelatihan ini diharap bisa mengatasi persoalan dimaksud yang tentu begitu bergantung pada peran operator web jajaran. Ia mengajak, kepada semua peserta agar menanamkan bahwa bekerja itu jangan dijadikan beban, tapi dijadikan sebagai ibadah. Dengan mengoptimalkan pengabdian bagi pengembangan UINSU di masa mendatang. Usai sambutan, Prof Muzakkir lalu membuka acara sosialisasi yang digelar selama empat hari hingga Sabtu 22 Juni mendatang.

Ketua Pusat Pembinaan Bahasa (Pusbinsa) UINSU Prof Dr Watni Marpaung, MA menyampaikan, program sosialisasi penerjemahan ini sekaligus untuk mendukung pencapaian akreditasi unggul tingkat institusi atau Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Unggul 2024. Prof Watni melaporkan, agenda ini diikuti seluruh operator di jajaran fakultas, pascasarjana, unit serta lembaga di lingkungan kampus.

Luaran kegiatan ini, lanjutnya, agar seluruh web di UINSU mempunyai terjemahan dalam bahasa asing yakni bahasa Arab dan bahasa Inggris sehingga bisa dan sesuai untuk diakses secara global. “Agar web kita go internasional, program ini berdampak baik terhadap pengembangan kampus. Peserta di ujung kegiatan akan mengikuti simulasi penerjemahan halaman di web kita. Ini tentu untuk peraihan AIPT unggul pada Juli mendatang,” ungkap Prof Watni (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content