UINSU

Medan (UINSU)
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan Prof Dr Nurhayati, MAg melantik Senat Mahasiswa (Sema) dan Dewan Mahasiswa (Dema) UINSU Medan 2024, teristimewa, pelantikan digelar di Masjid Al Mussannif, Kampus IV Durin Jangak, Tuntungan, Medan, Rabu (3/7).

Teristimewa pelantikan digelar di masjid tersebut, jelas rektor, sejalan dengan filosofi bahwa setiap pergerakan baik untuk membawa pesan perdamaian dan agar mendapat keberkahan dari Allah, semua dimulai dan berangkat dari masjid. Maka diharapkan, sema dan dema yang baru dilantik mampu menjadi role model dan teladan yang baik bagi seluruh mahasiswa UINSU.

Prof Nurhayati menyerukan, pelantikan kali ini spesial karena digelar di masjid. Senada dalam perjalanan sejarah, bahwa masjid di masa Nabi Muhammad merupakan pusat peradaban yang menjalankan berbagai aktivitas keumatan dan peradaban Islam kala itu. Bukan hanya sebagai tempat beribadah secara ritual, namun masjid juga digadang-gadangkan sebagai pusat belajar dan mengkaji keislaman, muamalah hingga menyusun strategi perang. “Insya allah, kalian akan menjadi orang-orang hebat yang bermulai dari masjid. Mudah-mudahan jalan kita diberkahi oleh Allah,” tukas rektor.

Kendati demikian, kepada jajaran pengurus Sema dan Dema UINSU 2024, ia berpesan agar tidak melalaikan kuliah dengan alasan sibuk berorganisasi dan menjadi aktivis. Bagaimanapun, kuliah harus tetap yang utama. “Jangan lupakan kuliahnya, tetap targetkan selesai tepat waktu,” imbuh rektor.

Rektor juga menyampaikan, jajaran pengurus yang baru dilantik ini merupakan mahasiswa-mahasiswa pilihan yang bernaung dalam wadah dan siap untuk menyalurkan aspirasi dari sekitar 30 ribu mahasiswa lainnya. “Kalian adalah orang-orang terpilih, berbuat yang terbaik untuk kemajuan UINSU yang lebih baik di masa mendatang,” tukas rektor.

Rektor juga meminta kepada jajaran dewan mahasiswa ini, agar memberikan kontribusi terbaik untuk UINSU. Baik dalam bentuk prestasi akademik dan nonakademik, dan berbagai sumbangan positif lainnya. Ia berharap, dewan yang dipimpin Presiden Mahasiswa (Presma) UINSU 2024, bisa berjalan sesuai regulasi dan menaati segala ketentuan berlaku terkait kemahasiswaan.

Prof Nurhayati berpesan, agar pimpinan dewan mahasiswa bisa merangkul semua elemen mahasiswa untuk bersatu padu memajukan kampus. Jangan ada sekat-sekat, namun harus membersamai dan mengayomi semua unsur terlibat pada lembaga mahasiswa ini, yang telah melalui berbagai tahapan hingga pelantikan ini.

Prof Nurhayati menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Katimin, MAg dan Kepala Biro AAKK Drs Ibnu Sa’dan, MPd, para wakil dekan kemahasiswaan sejajaran dan pihak terkait yang mengupayakan, mendukung dan mewujudkan sehingga wadah kepemimpinan dan pembinaan mahasiswa ini bisa terwujud kembali dan dilantik hari ini.

“Sekali lagi, luruskan niat, perjuangkan kebenaran, semangat, berikanlah prestasi terbaik kalian untuk pengembangan UINSU. Berikan contoh terbaik bagi mahasiswa baik dengan misi kebaikan dan perdamaian. Kami pimpinan siap mendukung, salah satunya dengan kebijakan, mahasiswa berprestasi di tingkat nasional dan internasional akan dibiayai dengan anggaran kampus,” serunya, sembari mengharapkan seluruh bidang di lembaga ini agar segera bekerja memanfaatkan anggaran yang disiapkan.

Wadah ini, jelasnya, agar dijadikan sebagai ruang meningkatkan kapasitas, mental dan nilai diri agar kelak menjadi generasi hebat pemimpin bangsa. Hadir para wakil rektor, di antaranya Prof Katimin, Kepala Biro AAKK, Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Yunni Salma, para wakil dekan bidang kemahasiswaan di lingkungan UINSU dan segenap sivitas kampus. Pelantikan berjalan aman dan lancar serta penuh kekhidmatan. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content