UINSU

Karo (UINSU)

Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan menggelar workshop tracer study sebagai upaya untuk mengakomodir dan menyajikan big data terkait luaran atau outcome pendidikan menuju dunia kerja serta diharapkan tersedia pusat pengembangan karier lulusan yang dikelola kampus.

Workshop tracer study ini digelar di Berastagi Cottage di Kabupaten Karo pada Rabu-Jumat (3-5/7) diikuti sekitar 35 peserta dari utusan fakultas-fakultas dan dari program pascasarjana. Hadir dalam acara, Wakil Rektor II Bidang AUPK Dr Abrar M Dawud Faza, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Katimin, MAg, Kepala Biro AAKK Drs Ibnu Sa’dan, MPd dan para wakil dekan III selingkungan kampus.

Kepala Bagian (Kabag) Akademik dan Kemahasiswaan Yunni Salma, MM selaku ketua panitia workshop menyampaikan, program ini bertujuan agar UINSU memiliki big data tentang alumni atau lulusan. Juga mempunyai informasi yang mendalam berkaitan outcome pendidikan dari transisi pendidikan tinggi menuju dunia kerja. Ia sampaikan apresiasi kepada para peserta yang mengikuti program ini.

Workshop ini digelar, lanjutnya, sehubungan karena UINSU saat ini belum memiliki unit atau lembaga khusus yang bertugas terkait tracer study atau survei alumni ini dan juga career center (pusat karier). Ke depan, diharap melalui giat ini kampus memiliki lembaga dimaksud dengan tugas dan fungsi untuk pendataan alumni dan informasi terkait lulusan yang faktual.

Yunni merinci, program digelar tiga hari ini diikuti para wakil dekan III jajaran, perwakilan fakultas dan pascasarjana dan utusan dari akademik dan kemahasiswaan. Melibatkan narasumber Direktur Eksekutif Pusat Pengembangan Karier UINSU Mhd Ikhsan Rifki, STrT, MT dan Kepala Pustipada M Ikhsan, ST, MKom. Selain itu menghadirkan narasumber dari Unimed dan USU. “Ini upaya kita agar UINSU semakin maju, sebentar lagi kita akan akreditasi lapangan dan semoga kita bisa meraih unggul tingkat institusi,” tukasnya.

Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati, MAg diwakil Wakil Rektor III Prof Katimin dalam sambutan menyampaikan, setahun kepemimpinan baru ini alhamdulillah berhasil menyelesaikan satu demi satu berbagai persoalan. Hingga kali ini melaksanakan program untuk penguatan tracer study atau pendataan lulusan.

Ia mengharapkan, program ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan suatu rumusan atau program yang dapat memperkuat kampus terkait pelacakan alumni, pendataan lulusan hingga nanti tersedia big data terkait luaran pendidikan yang dijalankan UINSU terhadap dunia kerja di Indonesia. Program tentang survei alumni ini merupakan tindak lanjut atau “follow up” berkaitan lulusan kampus yang memasuki atau menjadi bagian dari dunia kerja dan industri. Prof Katimin usai sambutan lalu membuka acara workshop secara resmi dan dilanjutkan dengan sejumlah paparan materi. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content