UINSU

Medan (UINSU)

Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan Prof Dr Nurhayati, MAg membuka prosesi akreditasi lapangan (AL) dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (Lamemba) untuk proses akreditasi program studi S-3 (doktor) Ekonomi Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UINSU Medan.

Asesmen lapangan itu digelar di FEBI di Kampus IV Durin Jangak, Tuntungan, Kota Medan, Senin (15/7). Turut dihadiri Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Dr Azhari Akmal Tarigan, MAg, Dekan FEBI Prof Dr Syukri Albani Nasution, MA, para dekan, pimpinan FEBI di antaranya Ketua Prodi S-3 Ekonomi Syariah Prof Dr Andri Soemitra, MA, sekretaris prodi Dr Yusrizal, tim borang dan jajaran sivitas akademika UINSU.

Prof Nurhayati dalam sambutannya memperkenalkan secara singkat profil dan sejarah UINSU yang pada awal berdirinya sebagai IAIN Sumatera Utara. Lalu berhasil bertransformasi berdasarkan keputusan presiden menjadi UIN Sumatera Utara pada 2014 silam. Sementara, prodi doktor ekonomi syariah (eksya) ini sudah berdiri sejak 23 Juni 2012. Lebih dari satu dekade berdiri, rektor meyakini, segala persiapan dan perkembangan selama ini layak mengantarkan prodi S-3 eksya ini untuk meraih akreditasi unggul.

Ia mengharapkan, agar proses AL ini berjalan mulus dan lancar tanpa kendala berarti. Hal itu juga mempertimbangkan karena ekonomi Islam atau ekonomi syariah sejak dulu telah menjadi keunggulan dari UINSU Medan. “Sejak pada masa IAIN hingga menjadi universitas ini, prodi bidang ekonomi syariah ini merupakan kelebihan dan keunggulan kita. Kita tentu telah berjibaku untuk memberikan yang terbaik menyambut asesmen lapangan ini. Semoga diridai Allah dan kita berhasil meraih akreditasi unggul,” urai rektor, sembari menegaskan sejak dulu UINSU juga dijuluki sebagai kiblatnya ekonomi syariah di Indonesia.

Prof Nurhayati menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan FEBI UINSU dan tim yang terlibat pada proses ini. Dengan kerja sama dan kerja keras serta kerja solid semua pihak terlibat, insya Allah mampu mencapai target dan tujuan yang dicita-citakan.

Asesor Lamemba, Prof Dr Nasikh, SE, MP, MPd dari Universitas Negeri Malang dalam sambutannya menyampaikan, usaha dan upaya yang dilakukan FEBI diharapkan menjadi sinyal baik pada proses akreditasi lapangan ini sehingga mendapatkan hasil terbaik. AL ini untuk mengumpulkan informasi, memverifikasi dan mengklarifikasi data untuk peraihan akreditasi para prodi program doktor ini. Kami membuka selebar-lebarnya informasi dan data yang mungkin belum dikirim atau diunggah, dan akan diberikan kesempatan.

Ia menilai, dokumen-dokumen yang sudah dikirimkan tim FEBI untuk akreditasi ini sudah luar biasa. Hanya pada asesmen lapangan ini perlu untuk melihat dan meninjau secara langsung. AL ini selama dua hari pada Senin hingga Selasa (15-16/7) di FEBI di kampus. “Kami tim asesor dari Lamemba akan menampung informasi dan data yang berkaitan tentang asesmen lapangan ini,” tukasnya. Dalam hal ini Prof Nasikh hadir bersama Prof Dr Sucihatiningsih Dian Wisika Prajanti, MSi dari Universitas Negeri Semarang.

Proses asesmen lapangan ini berjalan dengan baik dan lancar. Pimpinan FEBI dan tim terkait memberikan persiapan dan upaya optimal dan diharapkan mendapatkan hasil terbaik yakni berhasil meraih akreditasi unggul. Diketahui, UINSU pada tahun ini juga bersiap untuk meraih AIPT unggul tingkat institusi. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content