UINSU

Medan (UINSU)
Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan Prof. Dr. Muzakkir, M.Ag. hadir sebagai narasumber pada gelar upacara Majlis Tazkirah Sempena Memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia 31 Agustus 1957 – 31 Agustus 2024 (67 Tahun). Kegiatan ini dilaksanakan Consul General of Malaysia, Medan. Tema Kajian, “Memaknai Kemerdekaan dalam Sudut Pandang Agama”.

Prof Muzakkir menyampaikan bahwa ada  3 Cara Mensyukuri Nikmat Kemerdekaan :
1. Bersyukur kepada Allah SWT, karena kemerdekaan itu adalah anugerah-NYA, mengoptimalkan pengabdian  & ibadah.
2. Memanfaatkan nikmat kemerdekaan itu untuk kebaikan semua orang, membangun Bangsa dengan Kekuatan Rohaniah, Akhlak, Ilmu Pengetahuan, Ekonomi dan Pertahanan.
3. Menjaga nikmat itu dengan baik pula, tidak menyalah gunakan nikmat, dan jangan lupakan sejarah, karena Kemakmuran hari ini adalah hasil pengorbanan generasi terdahulu

Tujuan utama diselenggarakannya acara ini adalah untuk menumbuhkan rasa patriotisme dan tanggung jawab di kalangan pengurus dan staf KJM untuk menjalankan tugasnya dengan penuh komitmen dan kesungguhan untuk melaksanakan aspirasi pemerintah Malaysia.

Upacara ini dimeriahkan dengan kehadiran tokoh agama di Sumatera Utara seperti Dr. H. Maratua Simajuntak, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia, Buya Dr. Tn. Amiruddin, Pemimpin Agama Pondok Pesantren Tasawuf dan Tahfidzul Qur’an Baitul Mustaghfirin Al-Amir, dan Ustaz Dr. Muflih Rangkuti, Anggota Majelis Ulama Sumut serta pengurus Majelis Ulama Sumut Acara ini dilaksanakan bersama oleh Klub Olahraga, Kesejahteraan, Rekreasi dan Sosial KJM Medan dan Persatuan Wanita Kementerian Luar Negeri (Perwakilan) Medan.

Hal ini merupakan bagian dari siraman spiritual bulan kemerdekaan yang telah direncanakan oleh Biro Keagamaan Klub Olahraga, Kesejahteraan, Rekreasi dan Sosial yang dipimpin oleh Letnan Komandan Shahrizan Sahari.

Sebanyak 60 peserta hadir dalam acara ini yang terdiri atas staf rumahan dan pasangan, serta staf rekrutmen lokal di KJM Medan serta perwakilan Persatuan Nasional Pelajar Malaysia di Indonesia (PKPMI).

Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-79 pada 17 Agustus 2024, sedangkan Malaysia akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-67 pada 31 Agustus 2024. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content