UINSU

Jakarta (UIN SU)

Pemerintah Kota Tebing Tinggi resmi menghibahkan gedung kampus senilai Rp16 miliar kepada Kementerian Agama, UIN Sumatera Utara (UIN SU). Penyerahan hibah ditandai dengan Penandatanganan Naskah Berita Acara Serah Terima Aset Kampus, di Kantor Kemenag RI, Jumat (21/5/2021).

Hadir dalam acara serah terima tersebut Sekjen Kemenag Prof. Dr. Nizar Ali, M. Ag, Stafsus Menag RI, Kepala Biro Keuangan Kemenag RI H. Ali Irfan, TA Kemenag RI Hasan Basri Sagala, Rektor UIN SU Prof Dr Syahrin Harahap MA, Wakil Rektor II bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan UIN SU Dr Hasnah Nasution MA, dan Kepala Biro AAKK UIN SU Dr Dur Berutu MA. Sementara mewakili Pemko Kota Tebing Tinggi, Walikota Tebing Tinggi Ir. Umar Junaidi Hasibuan, MM, Ketua DPRD Kota Tebing Tinggi Basyaruddin Nasution S.H, dan Sekda Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimyati.

Umar Zunaidi mengatakan, bangunan dan tanah 2,6 Ha yang dihibahkan memiliki nilai sekitar Rp16 Miliar. Walikota berharap aset ini dapat dimanfaatkan Tahun ini untuk pengembangan Fakuktas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

“Hal ini menjadi amanah dan harapan masyarakat Tebing Tinggi agar pemberian hibah ini dapat bermanfaat bagi peningkatan SDM Kota Tebing Tinggi,” kata Walikota Umar.

Seterusnya, kata dia, diharapkan terjadi peningkatan kerjasama antara Pemko Tebing Tinggi dengan Kemenag RI terutama UIN Sumatera Utara dalam peningkatan SDM dan keberagamaan. “Saya berharap masyarakat Kota Tebing Tinggi ada punya previlage untuk dapat diterima kuliah di UIN Sumatera Utara,” bebernya.

Pesan Menteri Agama Gus Yaqut

Sekjen Kemenag RI atas nama Menteri Agama RI Gus Yaqut Cholil Qoumas, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemko Tebing Tinggi dan meminta agar UIN Sumatera Utara dapat memanfaatkan hibah ini sesuai harapan masyarakat Kota Tebing Tinggi dan cita-cita pengembangan UIN Sumatera Utara.

Sekjen Nizar Ali berharap hibah ini benar-benar dapat dioptimalkan untuk pengembangan SDM bagi masyarakat Kota Tebing Tinggi dan Sumatera Utara. Terutama, peningkatan kualitas pendidikan.

“UIN Sumatera Utara harus menjadi UIN terbaik di Sumatera dan dapat bersaing dengan UIN lain di Jawa. Di bawah kepemimpinan Rektor Prof Syahrin Harahap, UIN SU menjadi UIN terbaik di Sumatera dan Indonesia dan mengejar target digitalisasi dan peningkatan daya saing menuju world class university. Peningkatan indeks religiositas dan penguatan Moderasi Beragama,” tegasnya.

Sedangkan, Rektor UIN Sumatera Utara Prof Dr Syahrin Harahap, MA menyampaikan penghargaan kepada Menteri Agama dan kepada Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan atas terselenggaranya serah terima hibah aset ini. Rektor menargetkan pemanfaan hibah tersebut akan dimulai TA 2021 dengan pengembangan Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content