UINSU

Medan, (UIN Sumut)
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) Prof Dr Syahrin Harahap, MA menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Polri dalam hal ini Polsek Sei Bingai dan Basarnas yang melaksanakan tugas terbaik untuk kemanusiaan.

Demikian dijelaskannya pada acara Silaturahmi dan Penyerahan Piagam kepada Kapolres Binjai, Kapolsek Sei Bingai dan Tim SAR di aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) kampus II Jalan Willem Iskander Medan, Rabu (6/10). Silaturahmi dan penyerahan tanda penghargaan tersebut terkait dengan kerja keras yang diberikan dua elemen tersebut dalam mencari dan menemukan mahasiswa FDK UIN Sumut yang hanyut terbawa arus deras air di Sungai Berte, Pelaruga, Kabupaten Langkat.

Prof Syahrin menyampaikan apresiasi dan terima kasih sebesarnya kepada Polri dan Basarnas. Secara lahir, jelasnya, penghargaan diberikan dalam bentuk piagam penghargaan. “Namun sebenarnya, secara batin kami semua menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada kepolisian dan Basarnas,” ujarnya.

Dalam ajaran Islam, Prof Syahrin menjelaskan, sehubungan dengan silaturahmi tersebut, setiap orang yang melepaskan orang lain dari kesulitannya di dunia, maka akan dilepaskan Allah dari kesulitan-kesulitan di akhirat. Dari ajaran tersebut, tercermin dari tugas yang dilakukan aparat dalam musibah yang menimpa mahasiswa di kampus Islam negeri tersebut, yakni bekerja untuk membantu sesama dan bekerja untuk kemanusiaan.

Rektor menyebut, kerja-kerja tentang kemanusiaan merupakan prestasi tertinggi. “Prestasi tertinggi dari manusia adalah ketika ia menjunjung tinggi kemanusiaan. Jadi menjunjung tinggi nilai kemanusiaan adalah prestasi tertinggi dan itu yang ditunjukkan polisi dan Basarnas kita,” tukasnya.

Selanjutnya, rektor mendoakan kepolisian dan basarnas agar selalu kuat, sehat dan semangat dalam menjalankan tugas-tugasnya, khususnya terkait dengan tugas kemanusiaan di tengah masyarakat dan mampu memberikan pengabdian terbaik. Menurut rektor, kekayaan tertinggi bukanlah harta namun adalah kesehatan. “Semoga senantiasa diberi kesehatan,” ujarnya.

Dekan FDK UIN Sumut Prof Dr Lahmuddin Lubis, MEd menceritakan kronologi musibah tersebut hingga kerja keras kepolisian dan tim SAR dalam mencari, menemukan dan mengevakuasi korban. Ia sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada kepolisian dan dan tim SAR dengan keikhlasan mencari, menemukan dan mengevakuasi hingga menyerahkan korban kepada keluarga.

Kapolres Binjai diwakili Kapolsek Sei Bingai AKP Rismanto J Purba, MH, MKn juga menyampaikan terima kasih, ia mengaku senang, haru dan bangga berhadir di kampus UIN Sumut dan disambut hangat dalam acara silaturahmi tersebut oleh pimpinan UIN Sumut dan segenap sivitas fakultas dakwah tersebut. Kapolsek menjelaskan, ia selalu mengarahkan anggotanya agar menggunakan empati dalam setiap pelaksanaan tugas di tengah masyarakat, hal itu untuk memberikan yang terbaik dalam tugas.

Apresiasi yang diberikan kampus tersebut, jelasnya, dinilai mampu sebagai penyemangat dan motivasi dan sesuatu yang luar biasa. “Karena membawa dampak bagi anggota kami, kegiatan ini juga kami laporkan ke pejabat utama Polres Binjai, kami mengapresiasi, ini memberikan semangat untuk kami dalam bertugas. Ini menjadi penghargaan, pengalaman yang luar biasa bagi kami, sesuatu yang tidak ternilai dan sangat berharga,” pungkasnya.

Apresiasi dalam piagam penghargaan diberikan kepada Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, SIK, MH, Kapolsek Sei Bingai dan lembaga Basarnas Kota Medan malalui personel rescuer terampil, Ardika Ermansyah Putra. Hadir dalam silaturahmi tersebut, para wakil dekan FDK UIN Sumut, segenap sivitas fakultas dan para pejabat jajaran di Polsek Sei Bingai.

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content