1. KETENTUAN UMUM
a) Lulus pada satuan pendidikan MA/MAK/SMA/SMK sederajat pada tahun 2020, 2021, dan 2022;
b) Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
c) Biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000;
d) Untuk menghindari Penyebaran Virus Corona COVID-19 proses pendaftaran dan ujian dilakukan secara daring (online) sebagai berikut:
– Pendaftaran pada laman website : http://pmb.uinsu.ac.id
– Ujian Online pada laman website: https://umm.uinsu.ac.id
2. JADWAL PELAKSANAAN
NO | KEGIATAN | WAKTU |
---|---|---|
1 | Pembayaran/Pendaftaran | 06 s.d. 15 Juli 2022 |
2 | Finalisasi Pendaftaran | 06 s.d. 16 Juli 2022 |
3 | Simulasi Ujian Online | 19 Juli 2022 |
3 | Pelaksanaan Ujian Online | 20, 21 dan 22Juli 2022 |
4 | Pengumuman Kelulusan | 28 Juli 2022 |
3. PROGRAM STUDI
Program Studi yang ditawarkan pada Penerimaan mahasiswa Baru jalur Mandiri adalah:
Bagi Calon mahasiswa Baru yang dinyatakan Lulus pada program studi yang lokasi kampusnya berada di Medan, Tuntungan atau Tebing Tinggi dapat memilih salah satu lokasi kampus tempat perkuliahan pada saat mendaftar ulang apabila kuotanya masih tersedia.
Calon mahasiswa baru yang sudah menetapkan lokasi kampusnya pada saat mendaftar ulang, tidak dapat merubah lokasi perkuliahan lagi.
4. BIAYA PENDAFTARAN DAN KODE PEMBAYARAN
Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui Bank SUMUT Syariah/Konvensional sesuai dengan Program dan Kode Pembayaran berikut:
NO | KODE BAYAR | BIAYA (RP.) |
---|---|---|
1 | 0108 | 300.000 |
5. TATA CARA PEMBAYARAN
A. TATA CARA PEMBAYARAN MELALUI TELLER BANK SUMUT SYARIAH/BANK SUMUT KONVENSIONAL
Pembayaran dapat dilakukan melalui Teller kantor Bank Sumut Syariah/Bank Sumut Konvensional Seluruh Indonesia dengan cara sebagai berikut:
1. Calon mahasiswa datang ke kantor operasional Bank Sumut Syariah/ Bank Sumut Konvensional terdekat.
2. Calon mahasiswa menemui Teller & menyampaikan maksud untuk melakukan biaya ujian masuk.
3. Calon mahasiswamenyebutkan Nomor Kode Bayar kepada Teller.
4. Teller akan menginput dan memastikan data calon mahasiswa pada sistem Bank (seperti menyebutkan Nama Calon Mahasiswa dan Nominal rincian tagihan yang harus dibayar).
5. Lalu calon mahasiswa membayarkan secara tunai kepada Teller sejumah dengan nominal rincian tagihan yang telah disebutkan Teller.
6. Selanjutnya Teller akan memberikan bukti kuitansi pembayaran biaya pendaftaran PMB Program Sarjana (S1) Jalur Mandiri yang didalamnya terdapat ‘username‘ dan ‘password‘ yang akan digunakan untuk login di Portal Pendaftaran pada laman https://pmb.uinsu.ac.id/ Contoh slip pembayaran sebagai berikut:
B. TATA CARA PEMBAYARAN MELALUI ATM BANK SUMUT SYARIAH/BANK SUMUT KONVENSIONAL
1. Calon mahasiswa datang ke ATM Bank Sumut Syariah/Bank Sumut Konvensional terdekat.
2. Setelah berhasil memasukkan 6 digit nomor PIN ATM. Pada menu utama pilih menu BAYAR/BELI.
3. Pilih Menu selanjutnya, lalu pilih menu Pendidikan.
4. Pilih Menu Biaya Ujian Masuk.
− Masukkan Kode Instansi Kampus (UINSU Medan)
− Masukkan Nomor Kode Pembayaran.
5. Lalu muncul tampilan konfirmasi pembayaran yang berisi rincian data & tagihan.
6. Jika Data sesuai, maka pilih “YA”
7. Pembayaran berhasil dilakukan, harap disimpan Struk/Resi sebagai bukti pembayaran anda.
C. TATA CARA PEMBAYARAN MELALUI MOBILE BANKING
1. Masuk ke Aplikasi SUMUT MOBILE pada ponsel anda, pada tampilan utama, pilih menu pembayaran
2. Pada menu pembayaran, pilih pendidikan
3. Masukkan Data Jenis Pembayaran Biaya Ujian Masuk mengisi instansi, NIM/NIS/Kode Bayar & Kode Jurusan (Untuk Kode Jurusan dapat di akses melalui tombol Daftar Jurusan, lalu pilih kode yang sesuai dengan jurusan anda)
4. Setelah itu akan keluar tampilan notifikasi rincian data Siswa & Jumlah tagihan, serta 3 Huruf Kode Verifikasi. Selanjutnya ketik 3 Huruf Kode Verifikasi tersebut pada kotak pertama dan 6 Digit No. PIN anda pada kotak kedua
5. Jika Data sesuai, maka pilih Kirim. PembayaranBerhasil dilakukan dengan Tampilan Transaksi Sukses.
6. TATA CARA PENDAFTARAN
1. Setelah melakukan pembayaran dan mendapatkan Bukti Slip Pembayaran, lakukan Pendaftaran secara online pada laman website: http://pmb.uinsu.ac.id.
2. Pada kolom ‘Username’ dan ‘Password’, isikan ‘username’ dan ‘password’ yang ada di Bukti Slip Pembayaran bank.
3. Klik tombol ‘Login’ dan kemudian anda akan masuk ke Form pendaftaran sebagai berikut.
4. Isi seluruh Form, (klik ‘Next’ hingga Form/Page ke-7). Seperti form dibawah ini :
5. Download dan Print Kartu Ujian.
7. TATA CARA MENGIKUTI UJIAN MANDIRI SECARA DARING (ONLINE)
Ujian Mandiri secara daring (online) dilakukan dengan beberapa ketentuan sebagai berikut:
1. Peserta melaksanakan Ujian Masuk Mandiri secara daring di rumah masing-masing dengan mengakses ke laman https://umm.uinsu.ac.id
2. Ujian dapat dilakukan menggunakan HP/Smartphone, tablet, laptop ataupun PC yang terkoneksi ke Internet.
3. Seluruh peserta ujian mandiri wajib bergabung di group telegram ADMISI Mandiri UINSU 2022 di link https://t.me/AdmisiMandiriUINSU2022.
4. Pastikan koneksi internet peserta dalam kondisi baik saat ujian berlangsung, jika koneksi terputus ujian tetap dapat dilanjutkan setelah internet terhubung kembali.
5. Pelaksanaan Simulasi Ujian daring dilakukan secara serentak seluruh sesi pada tanggal 19 Juli 2022, info jadwal akan diberitahukan lebih lanjut di group Admisi di Telegram.
5. Pelaksanaan ujian dilakukan sesuai dengan jadwal hari, Sesi dan Ruang yang telah ditentukan di kartu ujian peserta.
5. Ujian hanya dapat dilakukan 1 kali kesempatan saja, tidak dapat diulang setelah anda mengklik tombol submit (kirim).
6. Durasi ujian dibatasi hingga 90 menit, 1 kali sesi dengan 4 kategori soal yaitu: Ilmu Pengetahuan Agama, Ilmu Pengetahuan Umum, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, dengan jumlah 20 soal per masing-masing kategori.
Demikian disampaikan, apabila terdapat hal-hal yang perlu diperjelas silahkan bergabung pada Group Telegram Pendaftaran UM-MANDIRI UINSU 2022 di https://t.me/AdmisiMandiriUINSU2022.