UINSU

Makkah (UIN SU)
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan Prof Dr Nurhayati, MAg menyampaikan, alumni kampus mempunyai peran strategis dalam memberikan kontribusi pemikiran, tenaga dan materiil untuk pengembangan UIN SU ke depan dan mewujudkan misi sebagai pusat peradaban Islam dan pusat intelektual muslim.

Demikian disampaikan Prof Nurhayati dalam silaturahmi alumni yang digelar di Hotel Manazel Al Hayat At Taisir, Makkah, Minggu (25/6) dalam sambutan pada temu alumni yang diikuti seratusan lulusan kampus Islam negeri terbesar di Sumut ini. “Saya turut mendukung harapan dan visi alumni agar UIN SU menjadi pusat pengembangan intelektual muslim khususnya di Sumut,” ujar rektor.

Sebagai rektor yang baru, ia siap bekerja dengan penuh tanggung jawab dengan landasan bekerja dengan taat azas dan taat prosedur. Sejauh ini, dalam membangun kepemimpinan, ia memilih dan menetapkan para wakil rektor dan dekan berdasarkan kinerja dan kualitas.

Prof Nurhayati juga mengapresiasi pertemuan alumni UIN SU yang digelar di kota suci Makkah di sela rangkaian ibadah haji tahun ini. Pertemuan ini diketahui digagas para alumni di antaranya Azrai Harahap, MA dan Dedek Pradeksa serta diinisiasi Prof Zainal Arifin, MA dan Dr Sakhira Zandi, MSi.

“Ini pertemuan yang akan menambah energi baru bagi kepemimpinannya, apalgi dilaksanakan di Tanah Suci Makkah. Saya terharu, semoga pertemuan ini mendapat berkah dari Allah,” ujar Prof Nurhayati yang pernah menjabat Kepala Perpustakaan UIN SU.

Ketua panitia, Dedek Pradeksa menyampaikan, pertemuan ini diikuti seratusan alumni UIN SU yang sedang menjalankan rangkaian ibadah haji 2023 baik sebagai jemaah maupun petugas haji. Dari pertemuan ini disimpulkan bahwa alumni mendukung kepemimpinan Rektor UIN SU Prof Nurhayati. Pertemuan ini diawali dengan muzakarah beberapa alumni di Makkah, dilihat dari banyaknya alumni yang berhaji dan termasuk rektor, maka pertemuan silaturahmi alumni pun digelar.

Acara digelar dengan serimonial pembacaan Alquran, sambutan-sambutan, perkenalan alumni hingga tausiah dibawakan Tuan Guru Basilam Dr Zikmal Fuad, MA dan diakhiri dengan makan nasi briyani bersama-sama. “Para alumni yang berhadir senang dan bahagia, disertai rasa haru karena bisa bersilaturahmi di tanah haram dan bertemu dengan Rektor UIN SU yang baru,” ujarnya.

“Kami, alumni mendoakan agar Prof Nurhayati diberi kekuatan untuk memajukan kampus kecintaan kami ke arah lebih baik dan go internasional. Kami mengajak semua alumni di manapun berada agar selalu peduli terhadap UIN SU Medan,” tukasnya.

Tuan Guru Basilam, Dr Zikmal Fuad dalam sambutannya menyampaikan, rasa bahagia atas pertemuan ini dan mengharapkan serta mendoakan selama kepemimpinan Prof Nurhayati, UIN SU lebih maju bahkan konsisten menjadi pusat pembentukan intelektual muslim di Sumatera Utara. “Sebagai rektor wanita pertama UIN SU diharapkan mampu lebih maju sebagai perguruan tinggi Islam,” ujarnya.

Beberapa perwakilan alumni, yakni Dr Hasan Maksum dari fakultas syariah, Zulfan Effendi, MA dari fakultas ushuluddin, Dr Sakhira Zandi dari fakultas dahwah, Dr Hayatsyah dari fakultas tarbiyah. Alumni juga mengharapkan kepemimpinan kampus kompak bisa bekerja sama secara internal dan eksternal demi kemajuan kampus. Alumni menginginkan, kepemimpinan UIN SU tidak terkontaminasi oleh kepentingan politik dan pihak-pihak tertentu yang bertentangan dengan misi kampus. Seluruh sivitas, dosen, mahasiswa dan unsur alumni harus solid.

Dr Sakhira menyampaikan, rektor harus tidak terpengaruh dalam menentukan kebijakan dari kepentingan pihak-pihak tertentu. Para alumni, siap berkomitmen mendukung program-program rektor serta berharap organisasi alumni dapat dibentuk dengan kepengurusan yang baru pula, melihat peran alumni yang sangat strategis.

Dalam forum itu, juga dipaparkan berbagai program dan capaian UIN SU kepada alumni. Di antaranya terkait pengembangan kampus terpadu di kawasan Desa Sena, Deliserdang di lahan seluas 97 hektare. Yang saat ini tengah pengurusan sertifikat dan mendapat dukungan penuh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, ditandai dengan penerbitan keputusan Gubsu tentang penetapan lokasi kampus Sena

Hadir dalam pertemuan, Wakil Rektor II Dr Abrar Dawud, Wakil Rektor III Prof Katimin, Kabid Haji Kanwil Kemenag Sumut Zulfan Effendi, MA yang juga Ketua Sektor Makkah pada haji tahun ini dan para alumni. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content