UINSU

Medan (UINSU)
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan menjalin kerja sama dengan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di kampus Poltekpar Medan Jalan Rumah Sakit Haji, Medan, Selasa (27/8). Kerja sama terkait dengan penguatan Tri Dharma perguruan tinggi, khususnya pada bidang pariwisata dengan konsep halal.

Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati, MAg melalui Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Prof Dr Muzakkir, MAg memimpin MoU tersebut bersama Direktur Poltekpar Medan Dr Ngatemin, SPd, MSi. Turut hadir wakil direktur, pimpinan prodi dan pejabat Poltekpar Medan, lalu Wakil Dekan III FEBI Dr Marliyah, MAg, pimpinan Lembaga Halal Center UINSU Dr. Sugianto, MA , serta Subhan Dawawi selaku Ketua Tim Kerjasama dan Humas dan lainnya.

Mengawali kerja sama ini, Prof Muzakkir memaparkan tentang prediksi perkembangan peradaban yang dikenal dengan globalisasi dan mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia termasuk soal kepariwisataan. Secara khusus, efek globalisasi dimaksud juga begitu berdampak terhadap budaya manusia di antaranya food, fashion dan fun (3F), yang menjadi bagian tidak terpisahkan dari pariwisata. Hari ini, akulturasi budaya, atau percampuran budaya timur dan barat menjadi bagian dari peradaban masyarakat.

Dari situ, kata Prof Muzakkir, kerja sama dengan Poltekpar ini menjadi strategis sebagai ruang dan wahana kolaborasi dunia kepariwisataan yang dijalankan Poltekpar dengan industri berbasis halal termasuk dalam dunia pariwisata yang melekat dengan napas pendidikan keislaman yang dijalankan UINSU Medan. Ia menyampaikan, sekilas sejarah perkembangan UINSU Medan dan memasuki tahun ke-51 kampus Islam ini, Prof Muzakkir memperkirakan pada September mendatang akan menjalani asesmen lapangan untuk proses akreditasi unggul Perguruan Tinggi.

Terkait hal itu, UINSU terus berbenah meningkatkan kualitas kelembagaan dan layanan pendidikan. Di antaranya dengan menjalin berbagai kerja sama baik dengan institusi pendidikan dan lembaga terkait baik dalam dan luar negeri. Begitupun, kerja sama ini diharap jadi kolaborasi dalam pengembangan Tri Dharma. Di antaranya penguatan pembelajaran, pertukaran mahasiswa dan dosen serta profesor tamu, penelitian bersama dan berbagai bentuk dan skema pengabdian kepada masyarakat. Juga termasuk dalam penerapan merdeka belajar dan kampus merdeka (MBKM).

Prof Muzakkir menyampaikan, agar kerja sama ini diteruskan dengan perjanjian kerja sama (PKS) agar jalinan baik ini diwujudkan dalam berbagai program teknis yang menguntungkan dua lembaga pendidikan tinggi ini. Dalam ini, misalnya kerja sama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) karena sebagai fakultas yang relevan dan dengan Lembaga Halal Center UINSU, di antaranya untuk pengurusan sertifikasi produk halal dan sebagainya. UINSU juga siap menjadi mitra Poltekpar dalam hal penguatan nilai dan muatan spiritual.

Direktur Poltekpar Medan Dr Ngatemin dalam sambutan menyampaikan, sebagai perguruan tinggi, kolaborasi kerja sama adalah keharusan. Khususnya dalam peraihan AIPT unggul. Kerja sama ini juga diharapkan menghasilkan luaran yang positif dengan nilai Tri Dharma bersama dunia industri, pemerintah dan sesama perguruan tinggi. Nantinya akan diwujudkan dalam berbagai program bersama yang memajukan dunia pendidikan dengan core pariwisata dan variabel nilai-nilai syariah.

Ia menyampaikan, sejak berdiri Poltekpar juga terus meningkatkan jumlah dan kualitas kerja sama dengan berbagai lembaga. Termasuk kampus-kampus tetangga yang dekat dengan Poltekpar di antaranya yakni UINSU, Universitas Negeri Medan, Universitas Amir Hamzah dan lainnya. Politeknik ini, memiliki sejumlah prodi terkait kepariwisataan di antaranya seni kuliner dan lain sebagainya.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan prosesi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Prof Muzakkir dan Dr Ngatemin. Disaksikan para pejabat Poltekpar Medan dan UINSU Medan. Acara diteruskan dengan ramah tamah dan foto bersama. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content