UINSU

Medan (UINSU)
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan Prof Dr Nurhayati, MAg berpesan kepada mahasiswa agar mampu menunjukkan prestasi bidang akademik dan nonakademik dalam menempuh pendidikan di kampus Islam ini, terpenting tetap menerapkan nilai-nilai moderasi beragama dan nilai berkasih sayang.

Demikian disampaikan rektor pada acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UINSU Medan 2024 di Kampus IV Durin Jangak, Tuntungan, Medan, Senin (2/9) dengan tema ‘Aktualisasi moderasi beragama untuk melahirkan generasi unggul berakhlakul karimah dan berintegritas’ diikuti 5.613 mahasiswa baru (maba) dari delapan fakultas. Prof Nurhayati sampaikan ucapan selamat datang.

“Selamat datang di smart islamic university UINSU Medan. Kalian adalah anak-anak yang cerdas dan smart lulus di antara puluhan ribu pendaftar. Luruskan niat, niat kita harus jelas. Berserah diri kepada Allah, bahwa UINSU merupakan kampus terbaik untuk kalian dalam meniti karier kehidupan. Insya Allah kalian menjadi orang-orang hebat di masa depan,” tukas rektor.

Prof Nurhayati menekankan, UINSU dengan identitas kampus moderasi beragama, terbuka dan toleransi bisa ditanamkan dalam kehidupan. Kini, setelah bertransformasi menjadi universitas pada 2014, kini memiliki puluhan mahasiswa beragama Kristen di beberapa program studi. Menegaskan kampus ini adalah milik seluruh rakyat. “Tunjukkan rasa saling menghargai, saling mencintai dan saling berkasih sayang. Wujudkan label Islam di UINSU yang rahmatan lil ‘alamin, yaitu agama yang penuh rahmat bagi seluruh alam, agama kasih sayang,” urai rektor sembari tetap meningkatkan kualitas berpikir kritis dan kompetensi yang diperlukan di era ini.

Kepada maba, rektor mengarahkan, harus bisa menunjukkan prestasi bidang akademik dan nonakademik seperti seni, olahraga dan lainnya. Untuk itu, pada momen ini juga memperkenalkan 15 UKK/UKM atau organisasi mahasiswa internal yang melakukan pembinaan dalam berbagai aspek di antaranya kajian Alquran, seni, olahraga, kewirausahaan, kepanduan dan lainnya. Wadah mahasiswa dalam pengembangan diri ini agar dimanfaatkan mahasiswa dalam mengiringi perjalanan pendidikannya.

Rektor juga menekankan, maba berkuliah di UINSU juga merupakan amanah dari para orangtua. Maka jangan kecewakan orangtua dan jangan sia-siakan harapan orangtua kepada mahasiswa baru. Tunjukkan prestasi-prestasi hebat, sesuai dengan minat dan bakat serta skill yang mahasiswa miliki. PBAK ini juga memberikan sesi motivasi kepada maba yang dibawakan narasumber yakni seorang motivator Yoffi Andinata.

Amatan di lapangan, PBAK tahun ini dikemas dengan menarik dan nuansa gembira. Di awal sambutan rektor, ia menyapa langsung dan berkomunikasi dengan para mahasiswa baru. Dialog dan kuis singkat mewarnai sesi orientasi hari pertama ini. Mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan diberikan suvenir yang disiapkan dari sponsor BSI. Prof Nurhayati pada momen itu juga memperkenalkan sejumlah pejabat dan pimpinan mulai dari para wakil rektor dan para dekan dan wakil dekan serta kepala lembaga.

Sebelumnya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Katimin, MAg sekaligus ketua panitia pelaksana PBAK menyampaikan, agar ribuan mahasiswa baru bisa mengikuti PBAK dengan serius untuk bisa mengenal dunia kampus dengan baik dan memahami dunia akademik di UINSU Medan. Ia menilai, dari puluhan pelajar yang mendaftar, hanya sekitar 5.613 mahasiswa yang bisa mendapatkan kesempatan belajar di kampus Islam ini. “Menandakan kalian adalah orang-orang yang hebat, sejalan nama ‘maha’ yang sekarang kalian sandang sebagai mahasiswa yang berhasil lolos dalam rangkaian seleksi. Maka nikmati orientasi ini,” urainya.

Mengawali perjalanan sebagai mahasiswa baru, Prof Katimin menjelaskan agar fokus pada pembelajaran dan nikmati mendapatkan pendidikan di UINSU. Senada, ia juga menekankan bahwa UINSU sebagai kampus pusat moderasi beragama, hal ini ditandai dengan jumlah mahasiswa Kristen semakin bertambah di tahun ini, tahun sebelumnya ada sekitar 40 mahasiswa Kristen yang bisa belajar dengan nyaman di kampus ini.

Prof Katimin berpesan, melalui PBAK ini sebagai media untuk menyadarkan eksistensi peserta orientasi sebagai mahasiswa yang lebih bermoral, beradab dan moderat. Selamat datang dan selamat bergabung di keluarga besar UINSU Medan. Prof Katimin menyampaikan terima kasih kepada semua stakeholder yang mendukung acara ini, diharapkan orientasi selama tiga hari ini berjalan baik dan lebih berkualitas di tahun-tahun berikutnya.

PBAK juga dirangkai dengan pembacaan Alquran, salawat dan pembacaan ikrar mahasiswa oleh sejumlah mahasiswa perwakilan fakultas. Rektor juga memakaikan almamater kepada perwakilan mahasiswa sebagai tanda selamat bergabung pada keluarga besar UINSU Medan. Orientasi mahasiswa ini digelar tiga hari sampai Rabu (4/9). Hari pertama dan kedua dengan agenda pengenalan kampus, budaya akademik dan pengenalan UKK/UKM. Hari ketiga orientasi di fakultas masing masing. Motivator Yoffi dalam materinya menekankan tentang pentingnya penguatan bahasa asing dalam menghadapi masa depan. Sesi motivasi disajikan dengan menyenangkan digandeng dengan budaya Sumatera Utara.

Hadir dalam acara itu, Para wakil rektor, yakni Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Azhari Akmal Tarigan, Wakil Rektor III AUPK Dr Abrar M Dawud Faza, Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga Prof Muzakkir. Lalu dekan dan para dekan, para kepala bagian, pimpinan lembaga dan unit di lingkungan kampus serta segenap sivitas UINSU Medan. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content