UINSU

Medan (UINSU)
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan Prof. Dr. Nurhayati M.Ag., melalui Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Drs. Ibnu Sa’dan M.Pd., Selasa (15/10) memberikan klarifikasi atas pemberitaan miring di salah satu media online tentang aksi mahasiswa terkait anggaran organisasi mahasiswa (ormawa) dan pembiayaan akreditasi.


“UINSU menegaskan anggaran ormawa di salah satu fakultas itu telah tersedia dalam pagu anggaran POK 2024. Namun anggaran dimaksud belum terealisasi disebabkan belum selesainya hal hal yang bersifat administratif.”
Saat ini, laporan pertanggungjawaban tersebut sedang dalam proses perbaikan untuk tahap realisasi.
Kaitannya dengan dana akreditasi, UINSU Medan melakukan revisi anggaran atau refocusing kegiatan yang dituangkan dalam surat rektor Nomor: B-27/Un.11.R/B.I.2.a/KU.00/02/2024 tertanggal 16 Februari 2024.

Refocusing atau revisi anggaran dimaksud, lanjutnya, telah memenuhi ketentuan Permenkeu Nomor 62/2023 tentang perencanaan anggaran, pelaksanaan anggaran serta akuntansi dan pelaporan. Refocusing tersebut juga telah memenuhi berbagai kebutuhan uinsu dalam rangka pelaksanaan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) ataupun Program Studi (Prodi) pada 2024. Perlu diinformasikan bahwa UINSU baru saja menjalankan proses asesmen lapangan (AL) pada 10-13 Oktober lalu, mendatangkan lima Asesor Nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dalam kesempatan lain Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Azhari Akmal Tarigan M.Ag., menegaskan, APT itu merupakan suatu keharusan dan wajib dilaksanakan karena berkaitan dengan pertanggungjawaban perguruan tinggi terhadap pengguna (user) dan masyarakat secara umum. Maka dari itu, UINSU berupaya keras agar proses pencapaian APT berjalan dengan sukses.

“Saat ini UINSU telah berhasil menghantarkan Prodi nya pada peringkat unggul sebanyak 14 program studi dan sebagian besar baik sekali.”

Hal itu, jelasnya, merupakan langkah baik untuk meraih APT unggul tingkat institusi. Kemanfaatan akreditasi unggul itu untuk seluruh sivitas kampus termasuk bagi mahasiswa UINSU. Dalam proses AL kemarin, para asesor menyampaikan banyak masukan dan pemikiran konstruktif yang bertujuan memberikan perbaikan pada uinsu ke depan melalui rekomendasi.

Untuk itu, pimpinan mengajak seluruh sivitas kampus dan keluarga besar UINSU Medan mendukung, menjaga dan mengawal proses akreditasi ini.

Untuk dihimbau seluruh warga UINSU Medan dan sivitas akademika untuk mendukung proses akreditasi ini dan kita akan bekerja dengan sangat keras untuk menindaklanjuti dan merealisasikan hal-hal yang disampaikan asesor dalam rekomendasinya,” tukasnya. (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content