UINSU

Medan (UINSU)

Pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Arab dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional merupakan hal penting, untuk membuka wawasan dan peluang pendidikan di tingkat internasional maka perlu penguatan dan penerapan di kampus.

Demikian jelas Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan Prof Dr Nurhayati, MAg melalui Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Katimin, MAg pada pembukaan workshop metodologi pembelajaran bahasa asing pusat bahasa yang digelar Pusat Pengembangan Bahasa UINSU di Hotel Madani, Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (22/7).

Sejalan pentingnya pembelajaran bahasa asing, maka program mahad atau asrama bagi mahasiswa baru salah satu tujuannya ialah selama dua semester, mahasiswa secara intensif dan fokus belajar bahasa Arab dan bahasa Inggris sehingga bisa menguasai dan secara aktif mampu berbahasa asing. Namun program ini belum berjalan efektif.

Kendati demikian, Prof Katimin menyampaikan kabar bahagia, yakni ada donatur asing yang akan membangun fasilitas berupa gedung mahad untuk UINSU dan gelanggang mahasiswa sebagai fasilitas olahraga. Semoga program ini ke depan mendukung ruang dan kualitas akademik dan non akademik kita yang bermanfaat bagi mahasiswa untuk menambah nilai pembelajarannya.

Terkait workshop ini, ia mengapresiasi program dengan muatan peningkatan atau update ilmu serta wawasan seperti ini karena merupakan hal penting yang diselenggarakan kampus. Dengan narasumber kompeten, ia mengharapkan kegiatan berjalan lancar dengan hasil yang diharapkan sesuai tujuan. “Kita harap ini berlangsung efektif dan efisien sesuai dengan harapan dan tujuan. Meningkatkan kompetensi khusus dalam penguasaan terhadap bahasa asing, ini juga penting dalam rangka menuju UINSU yang unggul,” tandasnya.

Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UINSU Prof Dr Watni Marpaung, MA dalam sambutan menyampaikan, workshop ini diikuti para utusan dari delapan fakultas dan program pascasarjana. Pusat bahasa di UINSU mengampu tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, bahasa Arab dan bahasa Inggris.

Workshop ini digelar tiga hari Senin-Rabu (22-24/7) membahas beberapa sajian materi. Di antaranya metode pembelajaran bahasa asing, teknis penerbitan publikasi ilmiah internasional dan metodologi pembelajaran bahasa Inggris di pusat bahasa. Diharap para peserta bisa berbagi dan mendapatkan wawasan terkait pembelajaran bahasa asing. Memberikan yang terbaik untuk sivitas akademika UINSU dan upaya untuk meraih unggul. Sebagai narasumber yakni Ariatna, S.S., M.A, Ph.D, dari Universitas Negeri Medan, Prof. Dr. Saharman Gea, SSi, MSi, PhD dari Universitas Sumatera Utara (USU) dan Dr Isli Iriani Indiah Pane, SPd, MHum dari Universitas Negeri Medan (Unimed). (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content