UINSU

Medan (UINSU)
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan menempati urutan ke-3 sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik di Indonesia 2025 versi AD Scientific Index Selasa, (24/09/2024).

Hasil ini didapatkan oleh UIN Sumatera Utara Medan setelah Alper Doger (AD) Scientific Index merilis Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik di Indonesia. AD Scientific Index merupakan sebuah lembaga tingkat global yang bekerja berkenaan pemeringkatan berdasarkan indikator performa ilmiah dan produktifitas dari para peneliti yang berasal dari universitas di seluruh dunia. Lembaga tersebut juga merilis sejumlah universitas terbaik berdasarkan skala regional, nasional, internasional dan Negara, termasuk Indonesia.

Rektor UINSU Medan, Prof Dr Hj Nurhayati, MAg., mengungkapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada seluruh civitas akademika UIN Sumatera Utara Medan yang selama ini sudah mendedikasikan dirinya untuk kemajuan UINSU. Ini merupakan hasil kerja keras yang selama ini diperjuangkan, dan tentu bukan waktu yang sebentar.

“Orientasi penelitian UINSU terhadap luaran penelitian dalam bentuk publikasi artikel di jurnal bereputasi internasional dan nasional telah membuahkan hasil nyata seperti prestasi yang peroleh UINSU yang bertengger di posisi 3 besar versi AD Scientif Index,” tambahnya.

Prof Nurhayati melanjutkan, penelitian yang dilakukan para dosen di UINSU tidak hanya berhenti pada publikasi saja, namun lebih dari itu juga harus memperhatikan kemanfaatan penelitian bagi masyarakat. “Kita berharap para dosen untuk terus berusaha meningkatkan kualitas pendidikan dan riset di masa mendatang dan yang tidak kalah penting penelitian yang dilakukan harus juga memperhatikan kemanfaatan bagi masyarakat,” katanya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Azhari Akmal Tarigan menyampaikan etos penelitian dosen UINSU dari tahun ke tahun semakin meningkat, baik penelitian kompetitif ataupun penelitian mandiri. “Pemberian insentif dan penghargaan UINSU kepada penelitian yang menjadi komitmen rektor, tentunya juga turut mendongkrak produktivitas penelitian yang dilakukan oleh para dosen UINSU”.

Berikut ini daftar urutan 5 UIN terbaik se-Indonesia versi AD Scientific Index:

  1. UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2,137 dunia dan 20 Indonesia)
  2. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (2,989 dunia dan 40 Indonesia)
  3. UIN Sumatera Utara (3,408 dunia dan 49 Indonesia)
  4. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (4,044 dunia dan 66 Indonesia)
  5. UIN Alauddin Makassar (4,279 dunia dan 80 Indonesia) (Humas)
Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content