UINSU

Medan (UINSU)
Keluarga besar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Mayjen TNI (Purn) HA Nazri Adlani, Rektor Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAINSU) periode 1987-1995, pada Senin (6/5) di Tangerang Selatan.

“Innalillahi wainnailaihi rajiun, telah berpulang kerahmatullah, pemimpin terdahulu kita yang banyak memberikan kontribusi atas pembangunan dan perkembangan kampus Islam negeri kebanggaan masyarakat Sumatera Utara yaitu IAINSU yang kini telah menjadi UINSU Medan. Semoga almarhum diterima di sisi Allah dan diberikan tempat terbaik serta keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kesabaran oleh Allah SWT,” ujar Rektor UINSU Medan, Prof Dr Nurhayati, MAg di Kota Medan, Sumut, Selasa (7/5).

Nazri Adlani merupakan tokoh sekaligus sosok yang memberikan banyak kontribusi sekaligus pengabdiannya bagi pengembangan IAINSU kala itu. Selain sebagai seorang rektor yang kharismatik, almarhum Nazri Adlani seusai menyelesaikan karier kemiliterannya, juga banyak mengisi berbagai posisi di masyarakat dan di berbagai organisasi kemasyarakatan serta di pemerintahan.

Di antaranya pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia pada periode 1995-2005, lalu pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI pada 1999-2004 dan pernah menjadi Ketua DPP Al Ittihadiyah pada 2000-2010. Almarhum menghembuskan napas terakhir pada usia 87 tahun dengan penuh kedamaian.

Selain menyampaikan duka mendalam, Rektor Prof Nurhayati juga menyampaikan, mangkatnya tokoh dan mantan rektor di kampus kebanggaan ini tentu memberikan rasa kehilangan. Namun demikian, jasa, pengabdian dan prestasi pencapaian almarhum akan selalu dikenang dan ukir. Sebagai prasasti dalam pengembangan dan kemajuan UINSU Medan sekarang dan di masa yang akan datang.

Nilai-nilai kebaikan dan kepemimpinan sejati dari almarhum, akan selalu dan tetap terkenang dalam membawa bahtera UINSU Medan menuju kampus idaman yang dicintai masyarakat khususnya di Sumatera Utara. Terlebih tahun ini akan mengajukan akreditasi institusi untuk mencapai unggul dan semoga dapat terwujud.

Diketahui, alamat duka di Jalan Mabad Bawah III Nomor 101 Rengas Ciputat Timur Tangerang Selatan. “Kami, keluarga besar UINSU Medan mendoakan, semoga almarhum Nazri Adlani mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” tukasnya.

Jenazah almarhum dimakamkan pada Selasa, 28 Syawwal 1445 Hijriah atau 7 Mei 2024, pukul 16.00 WIB di Kompleks Pondok Pesantren Adlaniyah, Tampus, Ujunggading Pasaman Barat , Provinsi Sumatera Barat. Diberangkatkan di hari sama pukul 04.00 ke Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng dan dibawa ke Padang dengan pesawat Pelita Air pukul 06.20 WIB (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content