UINSU

Medan (UINSU)
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Medan menerima penghargaan sebagai Juara II Kategori Badan Usaha Sektor Pendidikan pada ajang Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) 2024 tingkat Sumatera Utara yang diserahkan Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Hassanudin.

Penghargaan itu diterima dalam acara Perayaan Festival Mayday Sumut Hebat 2024 dan Job Fair Disnaker Sumut yang digelar di Gedung Serbaguna Pemprovsu Jalan Willem Iskander, Medan, Rabu (8/5) pagi. Penganugerahan tersebut tertuang dalam Keputusan Gubsu Nomor: 188.44/145/KTSP/2024 tentang pemenang penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan tingkat Sumut 2024.

“Atas penghargaan ini tentu kita sangat berbangga dan berbahagia. Ini merupakan suatu contoh yang baik terkait perkembangan UINSU Medan. Diarahkan agar seluruh pegawai dan staf termotivasi untuk meningkatkan kinerja, memberikan yang terbaik untuk kampus yang kita cintai ini,” ujar Rektor UINSU Prof Dr Nurhayati, MAg di Jakarta terkait penghargaan dimaksud.

Rektor menyampaikan selamat dan sukses, atas penghargaan ini yang dinilai atas kinerja yang dipimpin Kepala Biro AUPK Khairunas, SH, MH beserta jajaran dan tim yang telah mengupayakan. Sehingga layak atas penghargaan bidang badan usaha sektor pendidikan. “Mudah-mudahan ini menjadi contoh bagi yang lain, dalam hal prestasi dan mengharumkan nama UINSU Medan, khususnya di tengah masyarakat,” ujarnya.

Kepala Biro AUPK Khairunas menyampaikan, penghargaan ini bentuk upaya dan koordinasi terbaik berkaitan dengan tenaga kerja di kampus yang harus mendapatkan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan. Selama ini, kerja sama dengan BPJS telah terwujud dan berjalan baik dan ke depan akan ditingkatkan. Lalu, kolaborasi juga diharapkan untuk mendukung akademik mahasiswa seperti dalam program magang, praktik dan PKL serta mahasiswa dalam program itu diikutsertakan dalam pelayanan BPJS sehingga terproteksi, bisa mendapatkan manfaat jika sewaktu-waktu dibutuhkan. “Tentu ini juga upaya dan komitmen kita untuk meningkatkan pelayanan UINSU lebih baik lagi,” tukasnya.

Khairunas menyadari, kemajuan UINSU tidak bisa berjalan sendiri namun juga memerlukan kerja sama berbagai pihak termasuk BPJS Ketenagakerjaan. Sejalan amanah undang-undang, UINSU juga turut mendukung program proteksi lembaga sosial tersebut. Dalam banyak kesempatan seperti peralihan pegawai BLU ke PPPK, manfaat BPJS ini juga sudah dirasakan warga kampus.

Ia menjelaskan, program penilaian atau seleksi program penghargaan ini dilakukan pada akhir Januari 2024. Sebagai kepala biro, ia mengikuti proses penilaian melalui Zoom Meeting di antaranya wawancara. “Alhamdulillah hasilnya, kita mendapatkan penghargaan juara II untuk kategori pendidikan. Penghargaan ini dengan proses penilaian dan seleksi yang ketat,” katanya.

Menerapkan proteksi dengan BPJS, jauh sebelum agenda penghargaan, ia juga telah memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada pegawai berkaitan BPJS Ketenagakerjaan, tujuan dan fungsi serta manfaat dari layanan lembaga jaminan sosial ini. Ia juga mampu dalam memberikan penjelasan dengan baik saat proses penilaian yang menjelaskan UINSU juga berdaya saing dalam aspek layanan jaminan sosial pegawainya. Diketahui, peringkat pertama ditempati USU dan ketiga Yayasan Pendidikan Tengku Amir Hamzah Indrapura.

Sebelumnya, Pj Gubsu Hassanudin dalam sambutan menyampaikan, peringatan Mayday tahun ini berkesan istimewa yang dirangkai dengan job fair. Ia menilai, buruh mempunyai kontribusi yang tak ternilai dalam kemajuan bangsa dan negara. Agenda ini, bukan hanya untuk menghargai prestasi buruh, tapi juga untuk menghargai perjalanan panjang yang dilalui mewujudkan hak dan kesejateraan buruh dan keluarganya. Pj Gubsu optimis, ke depan, peraturan berkaitan buruh akan ditata lebih baik yang mengedepankan nilai, hak, kesejahteraan, keadilan, kemanusiaan dan lainnya.

Pj Gubsu Hassanudin usai amanat lalu menyerahkan tanda penghargaan kepada lembaga yang mendapatkan juara pada penghargaan ini, di antaranya, perusahaan, pemerintah kabupaten/kota, manufaktur dan lembaga pendidikan. Termasuk kepada UINSU yang diterima langsung Kepala Biro AUPK Khairunas, MH (Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content