UINSU

Medan (UINSU)
Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) Medan Prof Dr Nurhayati, MAg melalui Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pengembangan Lembaga, Prof Dr Muzakkir, MAg memimpin penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Yayasan Pendidikan Jabal Rahmah Mulia Medan dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) di kampus IV Tuntungan, Medan, Senin (13/5).

Kerja sama dimaksudkan untuk mendukung Tridarma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Khususnya pada bidang pendidikan dan pengajaran, Prof Dr Muzakkir berharap para alumni UINSU terutama yang berasal dari FITK dapat diberdayakan menjadi tenaga-tenaga pengajar profesional di Yayasan Pendidikan Jabal Rahmah Mulia Medan.

Hal ini senada dengan yang dikatakan oleh Prof Dr Muzakkir,” Dalam bidang pendidikan agama, dalam bidang bahasa arab bahasa Inggris, kemudian juga biologi, juga ada matematika yang tentu Yayasan Jabal Rahmah sangat memerlukan tenaga-tenaga pengajar yang profesional. Dan mulai hari ini bapak jangan cari dari luar lagi. Harus segera telepon UIN nanti, terutama dengan ibu dekan FITK. Beliau akan siapkan tenaga-tenaga profesional”.

Pun demikian Prof Dr Muzakkir juga berharap untuk PT BTN Syariah dapat memberdayakan mahasiswa dan alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UINSU agar dapat melakukan magang di Bank tersebut sebagai bentuk realisasi dari terjalinnya kerja sama MoU ini.

Sembari memperkenalkan UINSU kepada para tamu undangan, Prof Muzakkir juga menyebutkan beberapa realisasi dari MoU dan kerja sama yang telah berhasil digelar pada beberapa waktu yang lalu. “Dan juga dengan berbagai lembaga lain, kemarin kita sudah dengan Kemenkum HAM. Sehingga beberapa fakultas kita sudah melaksanakan kegiatan misalnya pembinaan narapidana. Di LP itu sudah kita bina dari dosen-dosen dan mahasiswa dari UIN itu misalnya. Termasuk dengan imigrasi. Nah, kita sudah ada program Eazy passport di kampus, sudah 3 kali kita laksanakan dan luar biasa minat warga kampus. Kita sudah kerja sama dengan POLDA misalnya. Salah satu realisasinya kita akan melaksanakan pembuatan perpanjangan sim”, terangnya.

Tak ketinggalan Ir. H. Hardianto sebagai ketua Yayasan Jabal Rahmah Mulia juga ikut mempromosikan Yayasan Pendidikan tersebut. Sebagai salah satu sekolah Unggul yang memiliki kompetensi Hafal Al-quran dan Bahasa Inggris, para siswa telah memiliki nilai plus tersendiri. Di mana siswa bukan hanya menguasai bidang keilmuan umum saja, tetapi juga unggul dalam Hafalan Al-quran dan ilmu ke islamannya. Sehingga, Yayasan Pendidikan Jabal Rahmah Mulia ini bisa menjadi mitra UINSU dalam hal pendidikan, penelitian maupun hal berkembang lainnya.

Di samping itu, pihak BTN Syariah melalui Kepala Cabangnya Syukri Hidayat, S.E., M.H juga ikut memberikan sambutan dalam acara tersebut. Beliau memaparkan bahwa kerja sama antara UINSU dan BTN Syariah pada dasarnya sudah terjalin sejak 2012. Di mana acara ini sebenarnya merupakan perpanjangan MoU yang keempat. “Iya, jadi ini sebenarnya perpanjangan MoU yang keempat, ya. Jadi sebelumnya kita sudah ada PKS juga. PKS dalam bentuk program pengembangan operasional”, ujarnya.

BTN Syariah sendiri menawarkan berbagai peluang kerja sama diantaranya adalah support pembiayaan perumahan bagi para pegawai UINSU. Dukungan tersebut bisa dalam bentuk kemudahan-kemudahan dalam prosesnya.” Kemudahan kemudahan yang dapat kami berikan jika nanti sudah dalam bentuk price yang pasti karena sudah PKS. Pasti, pengajuan pengajuan dari seluruh elemen dari UINSU akan diberikan kemudahan oleh BTN Syariah nantinya”, pungkasnya.

Sebagai inti dari terselenggaranya MoU ini ialah langkah dan tindak lanjut apa yang harus terealisasi setelah terjalinnya hubungan kerjasama ini. “Jangan malam tanpa bintang” ujar Prof Muzakkir dalam sambutannya. MoU yang telah dilaksanakan sangat diharapkan dapat mengahasilkan realisasi kerja sama yang seharusnya bisa dilaksanakan. Turut hadir dalam kegiatan ini Dekan FITK, Prof. Dr. Tien Rafida, M.Hum, Kepala Bagian Tata Usaha FKM, Dra Zakiah Lubis, M.A Ketua Tim Kerjasama Kelembagaan dan Humas, Subhan Dawawi, S.Pd.I MM serta Tim Humas UINSU(Humas)

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content