UINSU

Berdasarkan data pada https://www.sumutprov.go.id/artikel/artikel/perguruan-tinggi  (24-05-2024),  ada sebanyak 166 Perguruan Tinggi pada Provinsi Sumatera Utara terdiri dari 5 Perguruan Tinggi Negeri dan 161 Perguruan Tinggi Swasta.

Jurnal ilmiah (scientific journal) adalah publikasi berkala dalam penerbitan akademik yang umumnya berupa temuan penelitian terbaru dengan tujuan untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Untuk memastikan bahwa jurnal-jurnal yang dipublikasikan mencapai standar kualitas tertentu, Indonesia memiliki Sistem Akreditasi Jurnal Nasional yang dikenal dengan istilah ARJUNA. ARJUNA (Akreditasi Jurnal Ilmiah Nasional) merupakan Sistem Layanan terpadu yang digunakan untuk kegiatan kegiatan penilaian dalam penjaminan mutu Jurnal Ilmiah melalui kewajaran penyaringan naskah, kelayakan pengelolaan, dan ketepatan waktu penerbitan Jurnal Ilmiah, sehingga Jurnal Ilmiah mendapatkan pengakuan resmi atas penjaminan mutunya.

Dalam mencapai visinya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU) terus tumbuh berkembang pada berbagai bidang, pada pengelolaan jurnal ilmiah sampai saat kini sudah ada 36 jurnal telah terakreditasi.

Konfirmasi dari Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LPPM UIN SU, Muhammad Irwan Padli Nasution, beliau menjelaskan bahwa berdasarkan sumber data SINTA sampai 24 Mei 2024 dan surat terakhir tentang “Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2024 tertanggal 15 Mei 2024”, menunjukkan bahwa UIN SU telah menambah 1 jurnal naik peringkat menjadi SINTA-2 yaitu JURNAL BIOLOKUS: JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BIOLOGI DAN BIOLOGI, dengan demikian untuk saat kini UIN SU telah mempunyai 3 Jurnal Ilmiah telah Akreditasi pada Peringkat SINTA-2.  Kedua jurnal SINTA-2 lainnya yaitu MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman dan Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies.

Posisi UIN SU pada saat kini menjadi Perguruan Tinggi di Wilayah Sumatera Utara yang memiliki Jurnal Akreditasi SINTA-2 terbanyak yaitu ada sebanyak 3 Jurnal, kemudian untuk posisi kedua adalah Universitas Negeri Medan (ada 2 Jurnal SINTA-2), kemudian Posisi ketiga adalah Universitas Sumatera Utara, Universitas Medan Area dan lainnya (masing-masing baru ada 1 Jurnal SINTA-2). Besar harapan kita bersama Jurnal SINTA-2 tersebut segera melakukan persiapan yang matang untuk submit ke SCOPUS, sehingga Insya Allah UIN SU akan segera mendapatkan 3 jurnal UIN SU yang terindex SCOPUS.

Civitas Academica UIN SU sangat bangga dan memberikan apresiasi tinggi kepada para pengelola 36 jurnal Akreditasi UIN SU, dan semoga menjadi penyemangat kepada pengelola jurnal lainnya khususnya yang ada pada lingkungan UIN SU untuk terus berkarya, bermanfaat, berkemajuan dan berkembang pada level Nasional maupun International. 

Bagikan Melalui Sosial Media :
X (Twitter)
Visit Us
YOUTUBE
INSTAGRAM
Skip to content